SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN ALAT TRANSPORTASI LAUT DI KABUPATEN BURU MENGGUNAKAN AHP ( ANALYTIC HIERARCHY PROCESS)

Main Article Content

Mentari Rasyid
Erwin Syaiful Wagola

Abstract

Kebutuhan akan alat transportasi yang efektif, efisien, dan aman menjadi sangat mutlak diperlukan oleh konsumen. Kapal laut merupakan salah satu jenis transoprtasi laut yang sering digunakan oleh masyarakat untuk melakukan kegiatan perjalanan dan bepergian. Kabupaten Buru adalah  salah satu kabupaten pada Provinsi Maluku yang letak pulaunya berbeda dengan kota Ambon yakni ± 161,4 km. Untuk dapat menghubungkan kedua pulau tersebut, hanya dapat ditempuh dengan transportasi laut dan udara. Terdapat 3 alat transportasi laut yang dapat digunakan oleh konsumen yakni (a) Kapal Laut (Kapal Besar/kapal Putih) contohnya  ( KMP Sangiang, KMP Dororonda), (b) Kapal Angkutan milik PT ASDP Indonesia, yakni Kapal Ferry, dan (c) Kapal Cepat (kapal berukuran kecil & cepat). Tujuan dari penelitian ini agar dapat memberikan gambaran dan rekomendasi kepada masyarakat dalam melakukan pengambilan keputusan untuk memilih alat transportasi yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dengan menggunakan metode dan perhitungan AHP maka diperoleh nilai pembobotan tertinggi atau prioritas adalah Kapal Pelni sebesar 36%, Kapal Ferry ASDP dengan bobot 33% dan Kapal Cepat dengan bobot 31%. Adapun kriteria dalam memeprtimbangkan adalah kriteria jumlah armada, harga, waktu tempuh, keamanan, pelayanan dan perfroma.

Article Details

Section
Articles

References

H. Ribowo, Sistem penunjang keputusan dalam pemilihan alat transportasi roda dua berbasis online menggunakan AHP, Skripsi, Universitas Bina Sarana Informatika, Jakarta, 2018.

R. Rachman, “Penerapan Metode AHP untuk Menentukan Kualitas Pakaian Jadi di Industri Garment”, Jurnal Informatika, vol. 6, no 1, pp. 1-8, April 2019.

Fahmi, et al,” Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Alat Transportasi Umum Kota Malang Berdasar Jalur Terpendek Dengan Menggunakan Alogaritma Floyd-Warshall. Jurnal Mahasiswa PTIIK UB, vol. 1, no. 4, pp 11-18, Nov 2013.

Supriyono, “Sistem Penunjang Keputusan (SPK) Pemilihan Sepeda Motor Menggunakan Metode AHP”, Simetris, vol. 3, no. 2, Jun 2013.

C.O. Doaly, P. Moengin, G. Chandiawan , Pemilihan Multi-Kriteria Pemasok Department Store Menggunakan Metode Fuzzy AHP an TOPSIS. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. vol. 7, no. 1,pp. 70-78, Februari 2019.

M.A. Saryatmo,Ahmad, I.E. Kristian, “Penilaian Kinerja Customer Relationship Management dalam Industri Perbankan dengan Menggunakan Metode Analysis Hierarchy Process (Studi Kasus Pada Bank. XXX)”. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. Vol 3, No. 2,pp 94-101, Juni 2015.

Ngatawi, dan I. Setyaningsih, “Analisis Pemilihan Supplier menggunakan Analytical Hierarchy Process”. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol.10, no.1,pp. 7-13, 2011.

Prihatanto, Lelono, “Sistem Pendukung Keputusan Penerima Jamkesmas Dengan Metode AHP. Simetris, vol. 1 no. 1, Jan 2012.

R. Umar, A. Fadlil, Yuminah, Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode AHP Untuk Penilaian Kompetensi Soft Skill Karyawan“. Khazanah Informatika, vol.4, no.1, pp.27-34, Juni 2018.

Fuadzi, Penentuan Alternatif Pengadaan Alat Transportasi Dengan Metode AHP. Electronic, Skripsi, Universitas Muhamadiayah Surakarta, 2011.

Iqbal Dzulhaq, “Sistem pendukung keputusan penerimaan mahasiswa baru dengan metode simple additve weighting di SMK Kusuma Bangsa”, Skripsi, STIMIK Binar Sarana Global, 2017.

Y. Saputra, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)”, Skripsi, Universitas Dian Nuswantoro, 2015.

D. Pawestri,”Perbandingan penggunanaan metode AHP dan SAW untuk sistem pendukung keputusan pemilihan paket layanan internet”, skripsi, Universitas Sebelas Maret, 2012.