PENILAIAN SUPPLIER MENGGUNAKAN METODE FUZZY AHP DAN TOPSIS DI PT. HP

Main Article Content

andre sihite
endang suhendar

Abstract

PT. HP merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur, khususnya pembuatan furniture dan wall art desain. Perkembangan bisnis industri manufaktur setiap waktu berkembang dengan pesat dengan persaingan yang semakin ketat. Untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis, penilaian terhadap supplier sangat penting diakukan pihak perusahaan demi lancarnya proses produksi. Dalam penelitian ini, akan dilakukan penilaian terhadap supplier multiplek menggunakan metode Fuzzy AHP dan TOPSIS. Fuzzy AHP adalah metode yang digunakan untuk menguraikan masalah multikriteria menjadi suatu hirarki, sehingga masalah akan terlihat lebih terstruktur dan hasil keputusan yang didapatkan lebih baik dibandingkan dengan metode AHP. TOPSIS adalah metode yang digunakan untuk pemilihan alternatif terbaik yang mempunyai jarak terdekat dari solusi ideal positif dan jarak terjauh dari solusi ideal negatif. Penilaian Supplier dilakukan dengan mempertimbangkan 5 kriteria dan 3 alternatif. Tujuan penilaian tersebut adalah untuk mendapatkan alternatif terbaik. Hasil perhitungan Fuzzy AHP, kriteria pengiriman menjadi peringkat 1 dengan bobot 0,3049. Hasil perhitungan TOPSIS, supllier a sebagai peringkat 1 dengan bobot 0,7636, Supplier b peringkat 2 dengan bobot 0,5196, dan Supplier c peringkat 3 dengan bobot 0,2337. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Supplier a sebagai alternatif terbaik akan direkomendasikan peneliti kepada pihak perusahaan untuk diprioritaskan dalam pemesanan material dengan pengiriman sebagai kriteria utamanya.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

andre sihite, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

endang suhendar, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Program Studi Teknik Industri

References

Basuki, Ari “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pemasok Dengan Pendekatan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (Fuzzy AHP)” Rekayasa, vol. 3, pp. 42-50, Apr. 2010.

Lestari, Sri dan Choirul Fauzi, “Evaluasi Supplier Kemasan Dus dengan Menerapkan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus di PT. Innovation)” Journal Industrial Servicess , vol. 4, pp. 60–67, Mar. 2019.

Sonalitha, Eltha, Moechammad Sarosa dan Agus Naba, “Pemilihan Pemasok Bahan Mentah pada Restoran Menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process,” Jurnal EECCIS, vol. 9, pp. 49–54, Jun. 2015.

Pujawan, I Nyoman dan Mahendrawati, Supply Chain Management, edisi pertama.Yogyakarta : Andi, 2017.

Chairul Diah Utami,“Analisis Pemilihan Supplier Bahan Baku Eceng Gondok dengan Metode Fuzzy Analictical Hierarchy Process (FAHP)”Skripsi, Universitas Muhammadiyah, Surakarta, 2018.

Desi Kasmawati,“Evaluasi Kinerja Supplier Menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) Pada PT XYZ” Skripsi, Politeknik Negeri Batam, Batam, 2015.

Refiza, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Seleksi Tenaga Kerja” Journal Semnastek UISU , pp. 164–169, 2019.

Supriyadi, Apip, A. Rustandi, D. Hastuti dan G. Tia Ardiani, Analyctical Hierarchy Process (AHP) Teknik Penentuan Strategi Daya Saing Kerajinan Bordir, edisi pertama.Yogyakarta : CV. Budi Utama, 2018.

Doaly, Carla Olyvia, Parwadi Moengin dan Gebriel Chandiawan, “Pemilihan Multi-Kriteria Pemasok Department Store Menggunakan Metode Fuzzy AHP dan TOPSIS,” Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 7, pp. 70–78, 2019.

Tulkhah, Abi, Aries Saifudin, “Fuzzy TOPSIS untuk Meningkatkan Akurasi dan Objektivitas Bobot pada Seleksi Vendor PT. Telkomsel TTC BSD,” Jurnal Informatika, vol. 4, pp. 28–34, Mar. 2019.

Rahman, Agustian, Eko Darwiyanto dan Danang Junaedi, “Analisis dan Implementasi Sistem Rekomendasi Pemilihan Vendor untuk Pengadaan Alat Menggunakan Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dan Fuzzy AHP (Studi Kasus: PT Universal Tekno Reksajaya),” Jurnal E Proceeding of Engineering, vol. 4, pp. 3639–3653, Agu. 2016.

Rahmayani, Vita, Nazarudding Matondang dan Ukurta Tarigan, “Pemilihan Supplier dan Alokasi Pemesanan Bahan Baku di PT XYZ Menggunakan Metode Fuzzy AHP, TOPSIS dan MOLP,” Jurnal Teknik Industri, pp. 1–4, Apr. 2015.

Adnyana, Tjokorda Gde Agung Friska, G. K. Gandhiadi dan D. P. E. Nilakusumawati, “Penerapan Metode Fuzzy AHP dalam Penentuan Sektor yang Berpengaruh Terhadap Perekonomian Provinsi Bali,” Jurnal Matematika, vol. 5, pp. 59–66, Mei. 2016.

Sari, Febrina, Metode Dalam Pengambilan Keputusan, edisi pertama.Yogyakarta : CV. Budi Utama, 2018.

Sutinah, Entin dan Khoirun Nisa, “Kombinasi Metode Fuzzy Analictical Hierarchy Process dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution Dalam Pemilihan Supplier,” Informatic For Educators and Proffesionals, vol. 2, pp. 115–124, Jun. 2018.