ANALISIS PENDEKATAN LINE BALANCING MENGGUNAKAN METODE RANGKED POSITION WEIGHTS, LARGEST CANDIDATE RULE DAN J-WAGON PADA PROSES PRODUKSI KAUS SABRINA COLLECTION

Main Article Content

Ghufron Ghufron

Abstract

Di era yang serba maju ini banyak perusahaan manufaktur harus bisa untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi sehingga bisa terus melayani permintaan konsumen dengan lebih baik. Namun masih banyak terdapat masalah yang dihadapi perusahaan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksinya seperti yang terjadi pada perusahaan konveksi Sabrina Collection perusahaan dibidang konveksi ini memiliki masalah pada proses produksi dimana masih banyak bottleneck yang terjadi dan masih adanya tenaga pekerja yang tidak bekerja sesuai jobdesk yang tersedia dikarenakan banyaknya bootleneck. Pada masalah ini peneliti ingin meneliti dibagian mana saja bottleneck tersebut terjadi dan bagaimana cara menguranginya pada penelitian kali ini peneliti menggunakan pendekatan yaitu Line Balancing dengan metode rangked positional weights, largest candidat rules dan jwagon. Setelah dilakukan penelitian dan pengolahan data peneliti mendapatkan nilai paling optimal yaitu dengan menggunakan metode largest candidat rules dan j-wagoon dengan waktu siklus sebesar 20 menit.

Article Details

Section
Articles

References

H. Purnomo, Pengantar Teknik Industri, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2004.

T. Baroto, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Cetakan Pertama, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2002.

Fogarty, Blackstone and Hoffmann, Production and Inventory Management, 2th ed., South-Western, 1991.

V. Gasperz, Production Planning And Inventory Control. PT. Gramedia Pustaka Umum. Jakarta, 2004.

A.H. Halim, Perencanaan dan Pengendalian Produksi: Keseimbangan Lintasan, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 2003.

J. Heizer, dan Barry Render, Operation Management, Buku 2, Edisi ke tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta, 2006.

D. R. Wardhana, “Analisis Line Balancing Pada Bagian Sub Frame Motor Matic XXX Menggunakan Metode Rank Positional Weight”, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 7, no. 3, pp. 191-198, 2019.

R. B. Chase, Nicholas J. Aquilano and F. Robert Jacobs, Operations Management for Competitive Advantage, Ninth Edition, Irwin McGraw-Hill, Boston, 2001.

Sipper and Bulfin Jr., Production Planning Control and Integrations, McGraw Hill, 1997.

N. Kumar and Mahto, D., Assembly Line Balancing: A Review of Developments and Trends in Approach to Industrial Application, Global Journal of Researches in Engineering Industrial Engineering, Vol 13, Issue 2, Version 1.0, 2013.

B. Andersen and Fagerhaug, T., Root Cause Analysis: Simplified Tools Techniques, American Society for Quality, Quality Press, Milwaukee, 2006.