USULAN PERBAIKAN POSTUR KERJA UNTUK MENGURANGI BEBAN KERJA PROSES MANUAL MATERIAL HANDLING DENGAN METODE RULA REBA QEC (Studi Kasus Pengemasan Herbisida di PT. Petrokimia Kayaku Pabrik 3)

Gatot Basuki HM, Narto -
| Abstract views: 305 | views: 234

Abstract

Kondisi sikap kerja bagian pengemasan produk herbisida di PT. Petrokimia Kayaku Pabrik 3 sering kali pekerja mengeluh pada bagian anggota tubuh. Hal ini disebabkan oleh penanganan material handling saat proses pemindahan produk herbisida dari line robot di pindahkan ke atas pallet dengan mengangkat langsung produk herbisida yang sudah di kemas dalam karto box.  Dengan kuesioner Nordic Body Map untuk mengukur 27 jenis keluhan tubuh, selanjutnya menggunakan Metode RULA sebagai alat analisis untuk mengurangi resiko musculoskeletal disorders pada tubuh bagian atas, sedangkan metode REBA digunakan untuk menganalisis postur tubuh bagian bawah. Quick Exposure Check (QEC) adalah metode yang digunakan untuk mengetahui risiko cidera gangguan otot rangka (musculoskeletal disorder) yang menitik beratkan pada tubuh bagian atas. Tujuan penelitian untuk mengetahui sikap kerja pekerja dan melakukan penilaian postur kerja serta memberikan usulan perbaikan metode kerja pada proses Manual Material Handling line robot bagian pengemasan produk herbisida. Hasil analisis menunjukan sikap pekerja belum memberikan kesiapan untuk merespon yang sifatnya positif atau negatif terhadap obyek dan situasi. perbaikan postur kerja hasil perhitungan yang dilakukan dengan metode RULA dari kondisi saat ini skor 7 menjadi skor 4, dimana usulan berupa perbaikan postur kerja yang ergonomi yaitu operator berdiri dengan posisi tegak. Kemudian menambahkan alat bantu kerja berupa pallet leveller sping dan U-Lift Roll-In Lift Table agar operator tidak perlu membungkuk ketika meletakkan karton box ke atas pallet. Sehingga dengan usulan ini grand score RULA dapat turun menjadi 4 dan termasuk dalam kategori level risiko rendah (perubahan mungkin diperlukan), grand score REBA dapat turun menjadi 2.

Keywords

Musculoskeletal Disorder, RULA, REBA, QEC

Full Text:

DOWNLOAD

References

N. L. Kamaliyah, Sugiono, and W. Wijayanti, “Peningkatan Performance System Pada Departemen Packaging Dengan Simulasi Proses Dan Redesign Workstation (Studi Kasus : CV. Segar Buah Hutama, Batu),” J. Eng. Manag. Industial Syst., vol. 3, no. 1, pp. 55–61, 2015.

Z. H. Zen, “Perancangan Alat Material Handling Dengan Menggunakan Pendekatan Biomekanika Dan Postur Kerja Pada Bagian Pengepakan Pupuk Di Cv. Bukitraya Laendrys Bukittinggi,” Simp. Nas. Teknol. Terap. 2, pp. 72–83, 2014.

R. R. Ardiliansyah, L. Handoko, and Wiediartini, “Analisis Tingkat Risiko Cedera MSDs pada Pekerjaan Manual Material Handling dengan Metode REBA dan RULA pada Pekerjaan Area Produksi Butiran PT. Petrokimia Kayaku,” in Conference on Safety Engineering and Its Application, 2017, vol. 1, no. 1, pp. 61–66.

N. Azizah and B. Aribowo, “Evaluasi Postur Kerja Dengan Pendekatan Nordic Body Map Dan Rapid Body Assestment Untuk Mengurangi Resiko Cedera Pada Pekerja Di PT. Pertamina EP Asset 1 Jambi Field,” in IENACO, 2019, pp. 8–15.

B. R. Putera and A. Arvianto, “Usulan Perbaikan Postur Tubuh Pekerja Pada Kegiatan Perakitan (Assembly) Di PT. Hitachi Construction Machinery Indonesia Dengan Menggunakan Metode RULA (Rapid Upper Limb Assessment),” Ind. Eng. Online J., vol. 6, no. 4, 2018.

Merulalia, “Postur Tubuh yang Ergonomis Saat Bekerja,” Universitas Sumatera Utara, 2010.

N. Lestari, P. Luh, and W. Susi, “Pengaruh stretching terhadap keluhan muskuloskeletal pada perawat di ruang Ratna dan Medical Surgical RSUP Sanglah,” Universitas Udayana, 2014.

A. Destha Joanda and D. B. Suhardi, “Analisis Postur Kerja dengan Metode REBA untuk Mengurangi Resiko Cedera pada Operator Mesin Binding di PT. Solo Murni Boyolali,” in Seminar dan Konferensi Nasional IDEC, 2017, pp. 72–76.

B. Triyanto, “Analisis Postur Kerja Menggunakan Metode Rula Dan Perancangan Ulang Stasiun Kerja Finishing Batik (Studi Kasus Pada UKM Pembuatan Batik Printing di Desa Pilang, Masaran, Sragen),” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012.

M. D. Novianti and S. Tanjung, “Analisis Perbaikan Postur Kerja Operator Pada Prosespembuatan Pipa Untuk Mengurangi Musculoskeletal Disorders Dengan Menggunakan Metode Rula,” in Seminar Nasional Sains dan Teknologi, 2016, no. November 2016, pp. 1–11. H. A.

Nugraha, M. Astuti, and A. Rahman, “Analisis Perbaikan Postur Kerja Operator Menggunakan Metode Rula Untuk Mengurangi Resiko Musculoskeletal Disorders (Studi Kasus pada Bagian Bad Stock Warehouse PT. X Surabaya),” J. Rekayasa dan Manaj. Sist. Ind., vol. 1, no. 2, pp. p229-240, 2013.

T. Singh and J. Singh, “Ergonomic evaluation of industrial tasks in Indian electronics industries,” Int. J. Sci. Res., vol. 3, no. 7, pp. 1056–1059, 2014.

D. P. Restuputri, “Metode REBA Untuk Pencegahan Musculoskeletal Disorder Tenaga Kerja,” J. Tek. Ind., vol. 18, no. 1, p. 19, 2017.

M. Rahayu, “Perbaikan Postur Kerja pada Operator Komputer dengan Menggunakan Metode Reba,” J. Rekayasa Sist. Ind., vol. 2, no. 03, pp. 75–79, 2015.

E. I. Yuslistyari and A. Adhadin, “Perbaikan Postur Kerja Operator Pengelasan dengan Metode Quick Exposure Check (QEC),” J. INTECH Tek. Ind. Univ. Serang Raya, vol. 4, no. 1, p. 17, 2018.

A. Ilman, Yuniar, and Y. Helianty, “Rancangan Perbaikan Sistem Kerja dengan Metode Quick Exposure Check (QEC),” J. Online Inst. Teknol. Nas. Oktober, vol. 1, no. 2, pp. 2338–5081, 2013.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.