ANALISIS PERBAIKAN TERHADAP ANTRIAN PADA POM BENSIN RAWALUMBU

Main Article Content

hendy tannady

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki tingkat antrian yang ada pada pom bensin Pertamina yang berlokasi pada Rawalumbu, Bekasi. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah penambahan stasiun yang optimal untuk mengurangi tingkat antrian tersebut, dan juga untuk mengetahui bentuk dari jalur yang di ubah ketika mendapatkan jumlah station yang optimal. Dalam penelitian ini jumlah stasiun yang di dapat berjumlah 7 station dengan meminimalkan tingkat antrian sebesar 2,65 %. Sehingga, antrian dapat berkurang dan pengisian dapat berjalan dengan optimal. Hasil didapat melalui suatu simulasi permodelan dengan menggunakan suatu software yaitu dengan aplikasi Promodel.

Article Details

Section
Articles

References

Ekoanindiyo, F. A. (2011). Pemodelan Sistem Antrian Dengan Menggunakan Simulasi. Jurnal Dinamika Teknik. 5(1), 72-85.

Gunawan, C. V., & Tannady, H. (2016). Analisis Kinerja Proses Dan Identifikasi Cacat Dominan Pada Pembuatan Bag Dengan Metode Statistical Proses Control (Studi Kasus: Pabrik Alat Kesehatan Pt. xyz, Serang, Banten). J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 11(1), 9-14.

Heizer, J., & Render, B. (2006). Operations Management. Pearson.

Jaelani, E. (2015). Optimalisasi Sistem Pelayanan Untuk Mengurangi Antrian Dengan Pendekatan Simulasi Menggunakan Software Pro Model (Studi Kasus Pada SPBU Kadipaten, Majalengka). Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi. 4(1).

Khotimah, K. B. (2015). Teori Simulasi dan Permodelan : Konsep, Aplikasi dan Terapan. Wade Group.

Lestari, S. (2014). Analisa Tata Letak Pabrik Untuk Meminimalisasi Material Handling Pada Pabrik Sheet Metal Dengan Software Promodel. Jurnal Teknik, 3(1).

Pekarcikova, M., Trebuna, P., & Markovic, J. (2015). Simulation as Part of Industrial Practice. International Scientific Journal about Logistics, 2(2), 5-8.

Rahayu, M., Rasid, F., & Tannady, H. (2018). Effects of Self Efficacy, Job Satisfaction, and Work Culture Toward Performance of Telemarketing Staff in Banking Sector. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 16(5), 47-52.

Rahayu, M., Rasid, F., & Tannady, H. (2019). The Effect of Career Training and Development on Job Satisfaction and its Implications for the Organizational Commitment of Regional Secretariat (SETDA) Employees of Jambi Provincial Government. International Review of Management and Marketing, 9(1), 79-89.

Rachman, T. (2016). Simulasi Model Antrian Optimal Loket Pembayaran Parkir. Jurnal Inovisi, 12(2).

Santoso, C. H., Tannady, H., & Caesaron, D. (2015). Analisis Kemacetan di Jalan Lingkar Dalam Kota Jakarta (Gerbang Tol Cililitan). Teknik dan Ilmu Komputer, 4(14).

Tannady, H., & Adianto, E. (2014). Analisis Studi Gerakan Dan Simulasi Antrian Untuk Peningkatan Produktivitas Pada Pelayanan Servis Motor. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 2(2), 109-114.

Tannady, H., Riyan, & Eka, W. (2014). Modifikasi Waktu Standar Pelayanan Untuk Meminimumkan Jumlah Antrian (Studi Kasus: Gerbang Tol Ancol Barat). Teknik dan Ilmu Komputer, 3(9).

Tannady, H., & Sitorus, T. (2017). Role Of Compensation, Organization Culture, And Leadership On Working Motivation Of Faculty Member (Study Case: Universities In North Jakarta). IOSR-Journal of Business & Management, 19(10), 41-47.

Trenggonowati, D. L. (2016). Simulasi Sistem Proses Produksi di PT Jakarta Cakra Tunggal Steel Mills. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 4(1), 36 – 46.