INTEGRASI IDEAS FRAMEWORK DAN BRIEF SURVEY DALAM MENGEVALUASI MUSCULOSKELETAL DISORDERS

Muhammad Rafi Wardana, Lina Dianati Fathimahhayati, Theresia Amelia Pawitra
| Abstract views: 106 | views: 103

Abstract

Pabrik Tahu Pak Kasimin merupakan salah satu industri tahu yang memproduksi tahu mentah dan tahu goreng. Pabrik yang berlokasi di Kelurahan Selili Kota Samarinda ini telah beroperasi sejak tahun 30 lalu dengan target produksi perharinya yaitu 150 kg tahu. Target produksi yang cukup besar ini menimbulkan berbagai keluhan oleh pekerjanya, salah satunya yaitu keluhan musculoskeletal disorders pada saat melakukan proses produksi tahu. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan perbaikan terhadap postur kerja pada Pabrik Tahu Pak Kasimin. Metode yang diterapkan pada penelitian ini yaitu IDEAS Framework sebagai kerangka utama penelitian, metode BRIEF Survey untuk mengevaluasi postur kerja, dan kuisioner Nordic Body Map untuk mengidentifikasi keluhan musculoskeletal disorders. Hasil evaluasi yang dilakukan menggunakan BRIEF Survey didapatkan bahwa pada postur kerja aktivitas penyaringan bubur kedelai memiliki skor rata-rata 3 (risiko tinggi) dan penyusunan kayu bakar juga memiliki skor rata-rata 3 (risiko tinggi) sehingga perlunya dilakukan perbaikan pada stasiun kerja tersebut.

 

Keywords

BRIEF, Factory, IDEAS, MSDs

Full Text:

DOWNLOAD

References

. A. Anjanny, A. Ferusgel, dan D.M.S. Siregar, “Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Pekerjaan Penggunaan Komputer di Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara”, Jurnal Kesehatan Global, vol. 2, no.1, pp. 47-53, Januari 2019.

. L. D. Fathimahhayati, M. R. Wardana, dan N. A. Gumilar, “Analisis Risiko K3 dengan Metode HIRARC pada Industri Tahu dan Tempe Kelurahan Selili, Samarinda”. Jurnal Rekayasa dan Inovasi Industri, vol. 7, no. 1, pp. 62-70, Mei 2019.

. W.-S. Kuswana, Ergonomi dan K3 Kesehatan Keselamatan Kerja, Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

. Tarwaka, S. HA. Bakri, dan L. Sudiajeng, Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas, Surakarta: UNIBA Press, 2004.

. A. Mutiah, Y. Setyaningsih, dan S. Jayanti, “Analisis Tingkat Risiko Musculoskeletal Disorders (MSDs) dengan The BRIEFTM Survey dan Karakteristik Individu Terhadap Keluhan MSDs Pembuat Wajan Di Desa Cepogo Boyolali”. Jurnal Kesehatan Masyarakat vol. 2, no. 2, April 2013.

. P. Wahyudi, dan W. Hariyono, “Kesesuaian Manual Assessement Chart Tool dan NIOSH Lifting Equation Dalam Identifikasi Keluhan Muskuloskeletal Pekerja Industri”. BKM Journal of Community Medicine and Public Health, vol. 33, no. 8, pp 377-381, Agustus 2017.

. E. Muslimah, I. Pratiwi, dan F. Rafsanjani, “Analisis Manual Material Handling Menggunakan NIOSH Equation”. Jurnal Ilmiah Teknik Industri vol. 5, no. 2, pp. 53-60, Desember 2006.

. D. F. Pringgabaya, dan H. Prastawa, “Perancangan Fasilitas Kerja Ergonomis Dengan Menggunakan Metode IDEAS”. Industrial Engineering Online Journal, vol. 6, no. 1, pp 1-6, 2017.

. D. A. Anggraini, dan N. C. Bati, “Analisa Postur Kerja Dengan Nordic Body Map & Reba Pada Teknisi Painting Di PT. Jakarta Teknologi Utama Motor Pekanbaru”. Jurnal Photon vol. 7, no.1, pp 87-97, Oktober 2016.

. B. Adiguna, H. Adam, dan C. D. Kusmindari, “Perbaikan Stasiun Kerja Kritis Menggunakan Metode Ergonomic Assesment Survey (EASY), Seminar Nasional Global Competitive Advantage, pp. 1-8, 6 Juli 2016.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.