ANALISIS KUALITAS PRODUK DRUM DAN METAL PACKAGING (STUDI KASUS: PLANT 1 PT GUNA SENAPUTRA SEJAHTERA)

Main Article Content

Bintang Bagaskara K
Clara Puspita N
Stephen Alexander
Lithrone Laricha S

Abstract

PT Guna Senaputra Sejahtera adalah salah satu perusahaan produsen yang memproduksi metal parts, jig, dan dies. Penelitian ini berfokus kepada perbaikan beberapa produk metal parts di perusahaan tersebut yakni lock assy hood, link assy acc, hook engine, bumper dan pipe tilt. Produk-produk tersebut memiliki kendala penanganan kualitas terbanyak diantara 656 produk lainnya sehingga membuat customer complaint yang cukup menganggu pihak perusahaan, sehingga dengan penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki kualitas produk dan menurunkan angka cacat produk dengan Metode Seven Quality Tools (fishbone, pareto diagram, histogram, dan pie chart) dan analisa 4M1E (Man, Method, Material, Machine, Environment). Diharapkan dengan melakukan penelitian ini dapat memberikan solusi dan metode baru baik untuk departemen proses produksi dan departemen quality control dan juga pihak manajemen perusahaan dalam menerapkan zero defect untuk setiap produk. Hasil penelitian juga memuat tentang mayoritas kecacatan produk yaitu burry, dirty, scratch, dan finger mark.yang merugikan cost, waktu, dan efisiensi proses. Hal ini diakibatkan belum terlaksananya SOP, kurangnya mesin-mesin terotomasi dan kurangnya maintenance mesin. Sehingga harus diterapkan sosialisasi, training dan sanksi untuk SOP, preventive maintenance mesin, pembuatan ruangan khusus dan pendingin ruangan untuk meningkatkan kenyamanan operator sehingga produktivitas bekerja dapat bertambah.

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah, Lutfi, 2008. Penerapan Seven Tools dalam Pengendalian Kualitas Produk Kayu Pada PT. Bukit Emas Darma Utama Sumatra Utara. Tugas Akhir. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Industri. Universitas Sebelas Maret.

Ahyari. 1992. Manajemen Produksi. Jilid I. Yogyakarta.

Gasperz V, 1997, Manajemen Kualitas, PT. Gramedia, Jakarta.

Gasperz, Vincent. 2005. Total Quality Managament. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Besterfield, Dale H. 1998. Quality Control. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Feingenbaum, AV. 1992. Kendali Mutu Terpadu. Penerjemah: Kandahjaya H. Terjemahan dari: Total Quality Control. 3 ed. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Grant, E.L. 1995. Pengendalian Mutu Statistik. Jakarta: Erlangga

Grant,E.L. 1998. Pengendalian Mutu Statistik Jilid 2. Jakarta : Erlangga

Handoko, T. H. 1984. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: BPFE

Asmoko, H., 2013, Teknik Ilustrasi Masalah-Fishbone Diagrams, Magelang: BPPK