MODEL SOSIAL BISNIS PAGUYUBAN PENGEPUL SAMPAH MANDIRI TANGERANG SELATAN DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI PARTISIPASI

helena juliana kristina, Wilson Kosasih, Lithrone Laricha Salomon
| Abstract views: 58 | views: 71

Abstract

Pengelolaan sampah berbasis komunal dengan orientasi ekonomi diharapkan dapat mengurai masalah sampah di Indonesia. Namun, kerja sama dan kolaborasi kegiatan antar lembaga keduanya baik sosial dan ekonomi perlu digalakkan. Sementara itu, komunitas pengelolaan sampah mutlak harus ada demi perubahan paradigma dan keberlanjutan di masyarakat, baik dalam gerakan sosial maupun perekayasaan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model sosial bisnis paguyuban pengepul sampah mandiri di kota Tangerang Selatan. Penelitian ini adalah eksploratory study yang telah mengumpulkan data menggunakan pendekatan ergonomi partisipasi dengan wawancara terstruktur (in-depth interview) dan peta empati B2B. Peta empati tersebut menganalisis demografi para pengepul sampah mandiri, dan mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang lingkungan, perilaku, kepedulian dan aspirasi mereka. Hasilnya, studi ini mengusulkan model sosial bisnis sebagai fondasi pendirian paguyuban pengepul sampah mandiri.

Keywords

Participatory Ergonomics; Waste Management; B2B Empathy Map; Social Business Model; Waste Collector Association.

Full Text:

DOWNLOAD

References

Republik Indonesia. 2008. Undang-undang Republik Indonesia No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah. Lembaran Negara RI Tahun 2008, No. 69. Jakarta, ID: Sekretariat Negara.

H. Asroel. 2019. Bank Sampah: Masalah dan Solusi. Watampone, ID: Penerbit CV. Syahadah Creative Media.

A. Sumargi. 2018. Keynote Speech Kepala Seksi Pemantauan Direktorat Pegelolaan Sampah pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Voice recording at Seminar “Winning the Future, Today “. Sheraton Hotel Gandaria City Jakarta, ID: GAPMMI dan Tetra Pak Indonesia.

H. J. Kristina. 2014. Program Pemberdayaan Bank Sampah Masyarakat Berkelanjutan sebagai Salah Satu Penggerak Terwujudnya Reverse Logistic Manajemen Rantai Pasok Manufaktur Berkelanjutan. Paper presented at Seminar Nasional Teknologi dan Sains 2014. Jakarta, ID: Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara.

H. J. Kristina, E. Jobiliong dan A. Christiani. 2019. Model Rantai Pasok Daur Ulang Kemasan Karton yang Mengandung Aluminium Foil. Laporan Penelitian Prodi Teknik Industri Universitas Pelita Harapan, No: P-041-M/FaST/VIII/2018.

H. J. Kristina, W. Kosasih dan L. L. Salomon. 2019. Ergonomi Partisipasi dalam Mempromosikan Pengelolaan Sampah Mandiri dan Daur Ulang Kemasan Tetra Pak. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2), pp. 38-48. DOI: https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7223

H. J. Kristina, W. Kosasih dan L. L. Salomon. 2020. Evaluasi Penanganan Kemasan UBC di Bank Sampah dan Pengepulnya Menggunakan Pendekatan Ergonomi Partisipasi. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 8(2), pp. 122-131. DOI: https://doi.org/10.24912/jitiuntar.v8i2.6692

M. Adnyana. 1999. Penerapan Pendekatan Ergonomi Partisipasi dalam Meningkatkan Kinerja Industri. Paper presented at Seminar Nasional Ergonomi Reevaluasi Penerapan Ergonomi dalam Meningkatkan Kinerja Industri. Surabaya, Indonesia.

P. Vink, A. S. Imada dan K. J. Zink. 2008. Defining Stakeholder Involvement in Participatory Design Processes. Journal of Applied Ergonomics, 39, pp 519-526.

S. Clayton dan G. Myers. 2015. Conservation Psychology: Understanding and Promoting Human Care for Nature. UK: John Wiley & Sons Ltd.

A. Osterwalder dan Y. Pigneur. 2012. Business Model Generation. Jakarta, ID: PT. Elex Media Komputindo.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.