PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK CACAT BATANG ALUMUNIUM EC GRADE MENGGUNAKAN PENDEKATAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS

Main Article Content

Dita Meidiarti

Abstract

Dalam dunia industri kualitas produk adalah salah satu faktor yang paling penting untuk suatu produk. PT Tembaga Mulia Semanan, Tbk adalah perusahaan Manufacture yang bergerak dalam pembuatan batang alumunium. Terdapat kendala pada saat proses produksi berlangsung yaitu, seperti produk yang cacat yang diakibatkan oleh beberapa faktor yang dapat terjadi. Untuk meminimalisir produk batang Alumunium Ec Grade yang cacat maka peneliti melakukan analisa dengan menggunakan tools pengendalian kualitas. Dengan menggunakan pendekatan Failure Mode Effect and Analysis (FMEA), maka dapat diidentifikasi risiko kegagalan apa yang dapat menyebabkan produk menjadi cacat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa batang Aluminum Ec grade memiliki risiko kegagalan yang menyebabkan produk menjadi cacat dengan menggunakan metode Failure Mode Effect and Analysis (FMEA) menunjukkan bahwa pada kategori Machine memiliki Risk Priority Number (RPN) terbesar dengan nilai sebesar 36. 

Article Details

Section
Articles

References

Faiz, “Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Di PT. Masscom Grahpy Dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk Menggunakan Alat Bantu Statistik”.Skripsi, Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, 2010.

Rukmana,. dan P. Wisnubroto, “Pengendalian Kualitas Produk Dengan Pendekatan Six Sigma Dan Analisis Kaizen Serta New Seven Tools Sebagai Usaha Pengurangan Kecacatan Produk”. Jurnal Teknologi, Vol. 8. No. 1, Juni 2015.

Sakti,. dan Cyrilla Indri Parwati. (2012). “Pengendalian Kualitas Produk Cacat Dengan Pendekatan Kaizen Dan Analisis Masalah Dengan Seven Tools”. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) Periode III, 3 November 2012 ISBN: 1979-911X. Yogyakarta.

Suprianto,. dan Astin Tiara Pratiwi Sunardi. (2015). “Pengendalian Kualitas Produk Pada Proses Produksi Rib A320 Di Sheet Metal Forming Shop” INDEPT, Vol. 5, No. 2, pp.6-15, Juni 2015.

Martanto, dan N. B. Puspitasari. “Penggunaan FMEA Dalam Mengidentifikasi Resiko Kegagalan Proses Produksi Sarung Atm (Alat Tenun Mesin) (Studi Kasus Pt. Asaputex Jaya Tegal)’’. Skripsi, Semarang: Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, 2014.

W. Kosasih, Adianto, Erickson.” Analisis Pengendalian Kualitas Produk Bucket Tipe ZX 200 Gp Dengan Metode Statistical Process Control Dan Failure Mode and EffectAnalysis (Studi Kasus: PT. CDE), Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 3 No. 2, pp.85-93, Juni 2015.

X. Zhao, “A Process Oriented Quality Control Approach Based On Dynamic Spc And FMEA Repository”, International Journal of Industrial Engineering, Vol. 18 Issue 8, pp.444-451, 2011.

B.B. Korda, C.P Ningrum, S. Alexander, L.L Salomon,”Analisis Kualitas Produk Drum Dan Metal Packaging (Studi Kasus: Plant 1 PT Guna Senaputra Sejahtera)”, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 7 No. 3, pp. 149-159, 2019.

A. Rahman dan S. Perdana,” Analisis Produktivitas Mesin Percetakan Perfect Binding Dengan Metode OEE Dan FMEA”, Vol. 7, No. 1, 34-42, 2019.

Z.A Yasmin, dan S. Ariyanti Analisis Beban Kerja Pada Maintenance BD-Check Dengan Metode Full Time Equivalent, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 6 No. 1, pp. 55-62, 2018.

Paciarotti, C., Mazzuto, G. and D’Ettorre, D., "A revised FMEA application to the quality control management", International Journal of Quality & Reliability Management, Vol. 31 No. 7, pp. 788-810, 2014.