PERANCANGAN APLIKASI SISTEM E-PURCHASING DENGAN PENDEKATAN KONSEP VALUE MATRIX PADA PROSES PEMESANAN BAHAN BAKU PERUSAHAAN SPRINGBED

Main Article Content

Carla Olyvia Doaly
Ahmad Ahmad
Erwin Tanuwijaya

Abstract

Perusahaan manufaktur penghasil Springbed yang berlokasi di Tangerang, memiliki tugas menerima pemesanan bahan baku untuk keperluan produksi dari seluruh cabang yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Pemesanan bahan baku saat ini masih menggunakan sistem manual yaitu menggunakan email. Adapun Departemen yang terlibat pada proses pemesanan bahan baku terdiri dari 6 Departemen, yaitu Departemen Purchasing AKA, Departemen Admin Stok, Departemen Purchasing Cabang, Departemen Gudang Bahan Baku AKA, Gudang Bahan Baku Cabang. Data dari 6 Departemen ini  belum terintegrasi dengan baik. sehingga sering terjadi kesalahan pada pemrosesan bahan baku dan pemesanan yang melewati batas yg ditentukan. Akibatnya, bahan baku tidak terpenuhi, pemesanan menjadi lama dan produksi menjadi terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem proses pemesanan bahan baku E-Purchasing yang terintegrasi berbasis E-Supply Chain dengan pendekatan Konsep Value Matrix. Hasil yang didapat dari rancangan E-Purchasing ini adalah seluruh proses pemesanan bahan baku terintegrasi mencakup semua departemen terkait adanya katalog bahan baku dan proses pemesanan bahan baku dapat berjalan tepat waktu sesuai  dengan ketentuan perusahaan.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Carla Olyvia Doaly, Scopus ID [57208859404] Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tarumanagara

File:Scopus logo.svg

 

References

. Maulina, Cahyantika, 2017, Pengaruh Dimensi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Spring Bed Merk Ocean American (Studi di Jombang Jawa Timur.

. Prakoso, Mikael Adisurya, 2015, E-Supply Chain Management dan Implementasinya (Studi Kasus PT Carrefour Indonesia). Program Studi Teknik Industri Institut Teknologi Bandung.

. Ross, D.F., Introduction to e-Supply Chain Management, Enabling Technology to Build Market Winning Business Partnership, St. Lucie Press Florida, 2003.

. Chopra, S., Meindl, P., 2001. Supply Chain Management, Prentice Hall, and New York.

. Rayport,J.F., Sviokla, J.J.1995. Exploiting the virtual value chain. Harvard Business Review.

. Indrajit, R. E. dan Richardus D., 2002, Konsep Manajemen Supply Chain. PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

. Shafiq,S.I, Sanin,C.,Szczerbicki,E.,Toro,C.,2015.Virtual Engineering Object / Virtual Engineering Process: A specialized form of Cyber Physical System for Industrie 4.0. Procedia Computer Science Volume 60, 2015, Pages 1146-1155.