ANALISIS STRATEGI DAN PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH BAHAN KACA DI MALANG

Main Article Content

Purnomo Purnomo
Rudy Setiawan
Felik Sad Wisnu

Abstract

Kota Malang memiliki potensi untuk memasarkan produk-produk unggulan di Indonesia bentuk industri kecil. Untuk memasarkan produk perlu sarana informasi agar publik tahu untuk hasil kinerja produk yang unggul dari industri skala kecil seperti: kerajinan bahan kaca, kerajinan mebel kayu, kripik tempe  dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi pengembangan  usaha kecil home industry kerajinan  bahan kaca  dengan menggunakan alat analisis SWOT untuk menganalisis kekuatan (strenghts), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats). Hasil dari produk unggulan industri kecil adalah penulis fokus pada industri kecil menengah daur ulang bahan kaca  daerah pemasaran di sekitar Probolinggo, Sidoarjo, Pasuruan dll. Kerajinan daur ulang bahan kaca untuk daerah pemasaran Probolinggo, Bali dan Surabaya dianggap perlu memegang produk pengembangan (Product Development), yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing industri kecil di kelas yang sama. Akhirnya dari hasil  penelitian didapat beberapa pencapaian penting meliputi: (1) Peningkatan permintaan pasar, (2) Kesinambungan produk, (3) Peningkatan produktivitas, (4) Harga pokok dapat ditekan, (5) Pengoperasian pendapatan meningkat.

Article Details

Section
Articles

References

. Anoraga, Pandji., 2007, Pengantar Bisnis: Pengelolaan Bisnis dalam Era Globalisasi, Jakarta: Rineka Cipta.

. Bustaman, Umi Salwa Ahmad., 2010, Growth Strategies among Small and Medium Enterprises – Case of Malaysia Entrepreneurs. Journal International of Small Business Management, 36 Issue 4.

. Kitching, Jhon., David Smallbone, 2012, Are Freelancer A Neglected Form Of Micro, Small Business. International Journal of Small Business and Enterprise Development, Vol. 19 Issue: 1.

. Umar, H., 2008, Manajemen Stretegi in Action. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

. Abdul Haris ,2013, Pengembangan Produk Unggulan Industri Kecil Dan Strategi Pemasaran Berbasis Analisis SWOT Pada Industri Kecil Genteng, Kayu Mebel,dan Bordir di Kabupaten Probolinggo, Jurnal EcoBuss. Vol. 1, No 1 Maret 2013 Universitas Panca Maga Probolinggo.

. Kotler, 2003. Marketing Management, Analysis, Planning and Controle. Edisi kelima. Prentice-Hall.

. Rangkuti, Freddy., 2008, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.