ANALISIS PRODUKTIVITAS MESIN SHEATING 3 DENGAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) PADA PRODUKSI FIBER OPTIC PT VOKSEL ELECTRIC TBK

Main Article Content

Riana Magdalena
Amelia Pricilla Ginting

Abstract

Perkembangan Industri pada jaman sekarang ini sangatlah pesat, akibatnya terdapat persaingan yang ketat antar perusahaan khususnya pada bidang produksi. Target produksi serta Produktivitas dari tiap mesin merupakan salah satu pencapaian yang harus dilakukan secara konstan dalam keseimbangan produksi dari perusahaan sehingga dapat menjaga mutu dari produk yang dihasilkan. PT. Voksel Electric Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang telekomunikasi. Terjadinya kerusakan pada mesin-mesin dapat menyebabkan turunnya pencapaian target serta produktivitas itu sendiri salahsatunya adalah Mesin Sheating 3 dimana terdapat 7680 menit kerusakan dibandingkan dengan mesin lainnya. Untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan produktivitas pada mesin sheating 3 ini maka penelitian ini menggunakan metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) dan juga menganalisis dengan bantuan Six Big Losses serta Fishbone. Metode OEE pada penelitian ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar produktivitas yang dihasilkan oleh mesin-mesin khususnya mesin sheating 3. Mesin Sheating 3 ini memiliki nilai OEE sebesar 26,02% yang tergolong sangat rendah dibandingkan dengan standar nilai OEE. Analisis dengan bantuan Six Big Losses menyatakan bahwa kerugian yang paling besar terdapat pada Idling and Minor Stoppages (38,02%) dan Redeuced Speed (19,46). Usulan dilakukan dengan bantuan FMEA (Failure Modes&Effect Analysis) kepada 2 kerugian penyebab dari menurunnya produktivitas serta faktor-faktor yang disebabkan yang telah ditentukan dengan bantuan fishbone.

Article Details

Section
Articles

References

. Ebeling, Charles E., 1997, An Introduction to Reliabiliry and Maintainability Engineering, Me Graw Hill Book Co., Singapore.

. Almeanazel, Osama Taisir R., 2010, Total Productive Maintenance Review and Overall Equipment Effectiveness Measurement, Journal of Mechanical and Industrial Engineering, Vol. 4 No. 4, pp 517 – 522

. Fahmi, Irham., 2013, Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta

. Nakajima, S., 1988, Introduction to TPM Total Productive Maintenance. Cambridge: Productivity Press, Inc.

. Roberts, J., 1997, Total Productive Maintenance (TPM), The Technology Interface, Texas: Department of Industrial and Engineering Technology, A&M University.