SIMULASI PROSES PRODUKSI LAYOUT LANTAI PRODUKSI PIPA BAJA LAS SPIRAL AWWA C200 DI PT KHI PIPE INDUSTRIES

Dyah Lintang Trenggonowati
| Abstract views: 31 | views: 29

Abstract

PT. KHI Pipe Industries merupakan salah satu perusahaan manufaktur dari anak PT. Krakatau Steel yang memproduksi pipa baja. Perusahaan ini belum mampu untuk memenuhi target produksi yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hal tersebut diidentifikasi terjadi bottleneck pada beberapa section pada mesin SPM 2000 yang menyebabkan jumlah produk work in procces bertambah dan jumlah produk pipa yang dihasilkan menjadi rendah. Akibatnya produksi tidak mencapai target sehingga membuat konsumen kecewa serta menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Karena itulah, perlu adanya identifikasi bottleneck dan upaya mengurangi mesin yang bottleneck untuk meningkatkan produktifitas pipa las spriral sehingga target produksi bisa dicapai. Pada penelitian ini, simulasi digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini terdapat 3 usulan perbaikan. Dari ketiga usulan perbaikan tersebut, didapatkan bahwa jumlah rata-rata produk pipa baja las spiral pada usulan perbaikan 1 sebesar 4786 unit/bulan, jumlah rata-rata produk pipa baja las spiral pada usulan perbaikan 2 sebesar 4791 unit/bulan  dan jumlah rata-rata produk pipa baja las spiral pada usulan perbaikan 3 sebesar 4783 unit/bulan Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa usulan perbaikan 2 menghasilkan jumlah rata-rata produk pipa baja las spiral optimal dibandingkan dengan usulan perbaikan lainnya dan menjadi rekomendasi terbaik untuk meningkatkan produktifitas di PT. KHI Pipe Industries

Keywords

Bottleneck; Produktivitas; Simulasi.

Full Text:

DOWNLOAD

References

. Harrell C., 2003, Simulation Using Promodel. McGRaw-Hill, New York.

. Law A., 2006, Simulation Modeling and Analysis with Expertfit Software. McGRawHill, New York.

. Trenggonowati, D.L., 2015, Optimasi Proses Produksi dengan Mengunakan Pendekatan Simulasi Sistem. Jurnal PASTI, Volume XI No. 1, 1-12.

. Trenggonowati, D.L., 2017, Simulation System Optimize The Time Of Process. Jurnal Performa ,Vol. 16 No. 2 Hal 134-142.

. Daellenbach, H.G. 1994 System and Decision Making: A Management Science Approach. Chichester: John Wiley & Sons, Ltd.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.