MODEL INTEGER PROGRAMMING UNTUK MENGOPTIMALKAN PERENCANAAN PRODUKSI DI UKM “X”

Achmad Alfian
| Abstract views: 734 | views: 295

Abstract

Model Integer programming (Model Programa Bilangan Bulat) merupakan metode matematika dalam mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mencapai fungsi tujuan. Fungsi Tujuan dalam model ini ada 2, yaitu memaksimumkan keuntungan atau meminimumkan biaya. Penelitian ini dilakukan di UKM “X” dengan tujuan untuk mendapatkan jumlah produksi optimal agar didapatkan keuntungan maksimal. Karena UKM “X” masih berbentuk usaha kecil menengah, maka belum melakukan perhitungan untuk perencanaan produksi yang baik agar dicapai solusi untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Variabel keputusan yang diteliti adalah X1= Almari A, X2 = Almari B, dan X3 = Almari C dengan keuntungan masing-masing tiap produk adalah Rp.544.997,-,Rp.644.378,-, dan Rp.574.444,-. Hasil dari penelitian ini yang dilakukan dengan alat bantu software POM For Windows V3 menunjukkan bahwa produksi yang sebaiknya dilakukan oleh UKM “X” agar mendapatkan keuntungan maksimal adalah memproduksi Almari A = 28 buah, Almari B = 16 buah, dan Almari C = 27 buah dengan keuntungan yang didapat sebesar Rp. 41.079.950,-.

Keywords

Model; Programa Bilangan Bulat; Variabel; Maksimal.

Full Text:

DOWNLOAD

References

. Nurhaidah, M. Insya Musa., 2016, Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia, Jurnal Pesona Dasar, Vol. 3 No. 3, hal 1- 14.

. Windarti, Tantri., 2013, Pemodelan Optimalisasi Produksi Untuk Memaksimalkan Keuntungan Dengan Menggunakan Metode Pemrograman Linier, Spektrum Industri, 11 (2): 117-242

. Aji, Septi, Kusmaningrum, Fifi Herni M., 2014, Optimasi Keuntungan Menggunakan Linear Programming di PT Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan, Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 03 (01).

. Mulyono, Sri., 2017, Riset Operasi Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

. Sitorus, Parlin., 1997, Program Linier. Universitas Trisakti, Jakarta.

. Aminudin, 2005, Prinsip-prinsip Riset Operasi. Jakarta:Erlangga.

. Sitinjak, T. J. R., 2006, Riset Operasi: Untuk Pengambilan Keputusan Manajerial dengan Aplikasi Excel. Yogyakarta: Graha Ilmu.

. Siringoringo, Hotnair., 2005, Seri Teknik Riset Operasi. Pemrograman Linear. Yogyakarta:Graha Ilmu.

. Dimyati, Tjutju Tarliah, dan Ahmad Dimyati., 2010, Operations Research Model- Model Pengambilan Keputusan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

. Hamdy A. Taha., 1996, Riset Operasi. Binarupa Aksara, Jakarta.

. Hillier, F.S.and Lieberman, G.J., 1995, Introduction to Operation Research, Holden Day, Inc. USA.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.