PENINGKATAN MUTU PRODUK MOCHI LAMPION KASWARI SUKABUMI DENGAN METODE QFD

Main Article Content

Asep Saepul Rahmat

Abstract

Persaingan pada industri Mochi di daerah Sukabumi dirasakan semakin kuat, untuk itu perlu dilakukan analisis tingkat kepuasan konsumen dan peningkatan mutu produk Mochi untuk dapat terus memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen di bandingkan dengan produk pesaing, menentukan karakteristik teknik dari proses produksi yang berhubungan langsung dengan atribut yang sesuai dengan keinginan dan kepentingan konsumen, menentukan atribut-atribut Mochi Lampion Kaswari Sukabumi yang harus dilakukan peningkatan mutu dengan Quality Function Deployment, menentukan alternatif perancangan peningkatan mutu dan mengetahui biaya produksi Mochi sebelum dan sesudah perbaikan. Penelitian ini menggunakan Metode Quality Function Deployment melalui fase-fase Nigel Cross dari analisis AHP. Terdapat tiga alternatif disain produk dan alternatif yang dipilih adalah alternatif dua karena memiliki bobot yang paling tinggi yaitu 9,032 dibandingkan dengan alternatif satu dan alternatif tiga. Pada analsis biaya produksi Mochi Lampion Kaswari Sukabumi sebelum perbaikan adalah Rp. 325.075 dan setelah perbaikan menjadi Rp. 319.750 dengan jumlah produk yang dihasilkan setiap kali produksi adalah 100 kemasan, sehingga penurunan biaya sebasar 1,64%.

Kata Kunci: QFD, Mutu, Mochi, Nigel Cross

Article Details

Section
Articles