PEMILIHAN MULTI-KRITERIA PEMASOK DEPARTMENT STORE MENGGUNAKAN METODE FUZZY AHP DAN TOPSIS

Main Article Content

Carla Olyvia Doaly
Parwadi Moengin
Gebriel Chandiawan

Abstract

Department Store merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang fashion. Industri fashion di Indonesia tumbuh  sangat pesat, dengan persaingan yang semakin ketat sehingga untuk dapat bertahan, penyediaan produk yang tepat bagi konsumen, di waktu yang tepat dengan harga yang ekonomis menjadi tantangan utama.  Pemilihan supplier yang tepat menjadi sangat penting untuk mewujudkan hal tersebut diatas. Banyak kriteria yang bisa menjadi pertimbangan dalam pemilihan supplier, sehingga ini menjadi keputusan yang sulit. Dalam Penelitian ini pemilihan supplier dilakukan dengan menerapkan  Multiple Criteria Decision Making (MCDM)  menggunakan metode Fuzzy AHP  dan TOPSIS. Metode Fuzzy AHP dapat meminimalkan ketidakpastian (uncertainty) yang dapat terjadi dalam pengambilan keputusan. Sedangkan TOPSIS dengan membandingkan jarak solusi ideal negative dan positif. Pemilihan supplier dilakukan dengan mempertimbangkan  5 kriteria, 15 sub kriteria dan 5 alternatif  dengan tujuan mendapatkan alternatif terbaik berdasarkan atas 5 kriteria . Hasil perhitungan Fuzzy AHP menunjukkan bahwa merk PRL sebagai peringkat 1 dengan bobot 0,33 dan merk C pada peringkat ke 2 dengan bobot 0,22. Sedangkan pada perhitungan TOPSIS merk PRL sebagai peringkat 1 dengan bobot 0.63, merk C pada peringkat 2 dengan bobot 0.49, disusul dengan merk BK, HP dan yang terakhir TE, dengan bobot masing-masing 0.32,0.30 dan 0.15

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Carla Olyvia Doaly, Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

Fakultas Teknik Industri Universitas Tarumanagara

Parwadi Moengin, Universitas Trisakti

Program Studi Teknik Industri Universitas Trisakti

Gebriel Chandiawan, Universitas Tarumanagara

Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

References

Beil, Damian R. (2009). “Supplier Selection." Wiley of Encyclopedia of Operations Research and Management Science.

Saaty, TL.; Vargas, L.G. (1993). Models, Methods, Concept & Aplications of The Analytic Hierarchy Process. Internationel Series in Operations Research & Management Science. Second Edition. New York: Springer.

Ngatawi, dan Setyaningsih, I. (2011), Analisis Pemilihan Supplier menggunakan Analytical Hierarchy Process. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. Vol.10, No.1 Hal 7-13

Balli, Serkan and Koruko?lu, Serdar. (2009) “Operating System Selection Using Fuzzy AHP and TOPSIS Methods”. Mathematical and Computational Applications, Vol. 14, No. 2, pp. 119130.

Dagdeviren, M, dan Yavuz, S, Kilinc, N (2009), “Weapon selection using the AHP and TOPSIS methods under fuzzy environment”, Expert System with Applications, 36, Hal. 8143-8151.

Onut, S dan Soner, S (2008),”Transhippment site selections using the AHP and TOPSIS approaches under fuzzy environment”, Waste Management, 28, Hal 1552-1559.

Muhardono, A dan Isnanto, R. R. (2014).” Penerapan Metode AHP dan Fuzzy Topsis Untuk Sistem Pendukung Keputusan Promosi Jabatan”. Jurnal Sistem Informasi Bisnis.Vol.4, No.2, Hal 108 - 115.

Sabiq, A. (2013). “Metode Fuzzy AHP dan Fuzzy TOPSIS Untuk Pemilihan Distro Linux”. Orbith, Vol. 9, No. 2, Hal 78 – 83.

Pramudhita, A.N., Suyono.H, Yudaningtyas E., (2015). “Penggunaan Algoritma Multi Criteria Decision Making dengan Metode Topsis dalam Penempatan Karyawan”. Jurnal EECCIS Vol. 9, No. 1, Hal 91 – 94.

Simpson, P., Siguaw, J. and White, S. (2002). “Measuring The Performance of Suppliers: An Analysis of Evaluation Process.” The Journal of Supply Chain Management, Vol. 38 No. 1, pp. 29-41.

Chaudhry, Hassan. and Hodge, George (2012). "Postponement and Supply Chain Structure: Cases from The Textile and Apparel Industry", Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal, Vol. 16 Iss 1 pp. 64 – 80

Bruce, Margaret. and Daly, Lucy. (2006). 2006),"Buyer Behaviour for Fast Fashion", Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal, Vol. 10 Iss 3 pp. 329 – 344.

Kim, Bowon. (2013). "Competitive Priorities and Supply Chain Strategy in The Fashion Industry", Qualitative Market Research: An International Journal, Vol. 16 Iss 2 pp. 214 – 242.

Kubendran, S. and Vasumathi, Dr. A. M. (2015).”Optimization of Supplier Selection Using Fuzzy Analytical Hierarchy Process – State of Art Study." Internation Journal of Innovative Research in Science, Engineering, and Technology, Vol. 4, Iss 5.

Teng, S. Gary. and Jaramilo, Hector. (2005). "A Model for Evaluation and Selection of Suppliers in Global Textile and Apparel Supply Chains", International Journal of Physical Distribution & Logistics Management, Vol. 35 Iss 7 pp. 503 – 523

Chang, D. Y. 1996. Application of the Extend Analysis Method on Fuzzy AHP. European Journal of Operational Research 95, 649-655.

Hwang, C.L. dan Yoon, K., 1981, Multiple Attribute Decision Making: Methods and Applications, Springer-Verlag, New York.

Achebo,J., Omoregie,M. (2015). “Application of Multi-Criteria Decision Making Optimization Tool for Determining Mild Steel Weld Properties and Process Parameters Using the TOPSIS”. International Journal of Materials Science and Applications. Volume 4, Issue 3, Pages: 149-158