ANALISIS DATA GANGGUAN KERUSAKAN MESIN PRODUKSI MENGGUNAKAN TEKNIK ASSOCIATION RULES

Iveline Anne Marie, Lukmanul Hakim, Dedy Sugiarto, Winnie Septiani
| Abstract views: 145 | views: 98

Abstract

Association rules merupakan salah satu teknik data mining yang digunakan untuk menentukan korelasi dari sebuah dataset terkait keputusan yang akan diambil. PT Z adalah perusahaan penghasil komponen otomotif yaitu battery untuk kendaraan bermotor. Gangguan kerusakan mesin produksi pada perusahaan mempengaruhi tercapainya Key Performance Indicator (KPI) Divisi Perawatan pada PT Z. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil pemetaan dan analisis gangguan kerusakan mesin yang terjadi dengan menggunakan teknik Association Rules sehingga dapat diberikan rekomendasi kegiatan pengendalikan gangguan kerusakan untuk divisi Maintenance. Tahapan penelitian dimulai dengan melakukan kegiatan pengumpulan data kerusakan mesin. Berdasarkan data yang diperoleh dilakukan pengkategorian untuk variabel analisis terpilih. Berikutnya data yang diperoleh akan diolah dengan menggunakan teknik Association Rule untuk melihat pola yang terjadi dengan bantuan packages  arules software R. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kerusakan pada shift 2 untuk jenis kerusakan mekanik, serta kerusakan pada shift 3 dengan lama perbaikan  sedang dan tingkat resiko yang tinggi memiliki peluang kejadian yang lebih tinggi jika dibandingkan kejadian lainnya. Perusahaan sebaiknya menyediakan kebutuhan staf mekanik, peralatan dan suku cadang yang memadai pada shift 2 dan shift 3 sehingga dapat meminimasi durasi perbaikan mesin dan mencapai target KPI divisi Maintenance.

Keywords

Gangguan; Kerusakan Mesin; KPI; Association Rules.

Full Text:

DOWNLOAD

References

Marie IA, D K Sari, P Astuti and M Teorema. 2017. Design of Disturbances Control Model at Automotive Company IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering 277 (2017) 012020.

Putra, Muhammad Aditya dan Iveline Anne Marie. 2015. Rancangan Perawatan Bus Transjakarta Menggunakan Pendekatan Reliability Centered Maintenance Di Perum Damri SBU Busway Koridor I & VIII. Jurnal Ilmiah Teknik Industri Vol. 3 No. 3, 208-219.

Kuswardani D, Widyanto MR, Trihandini I. 2011. Metode Association Rules untuk Analisis Citra CT Organ Pasien Kanker Ovarium. Kursor 6 2 111-20.

Hakim L, Fauzy A. 2015. Penentuan Pola Hubungan Kecelakaan Lalu Lintas Menggunakan Metode Association Rules dengan Algoritma Apriori. The 1st University Research Colloquium (URECOL).

J. Santoni. 2012. Implementasi Data Mining Dengan Metode Market Basket Analysis. Teknologi Informasi dan Pendidikan Vol.5 p.2.

Fadlina. 2014. Data Mining untuk Analisa Tingkat Kejahatan Jalanan dengan Algoritma Association Rules Metode Apriori. Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI) 3 1 144-54.

Zhao Y, Cen Y. 2013. Data Mining Applications with R. Waltham: Elsevier.

Siregar SR. 2014. Implementasi Data Mining Pada Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori. Pelita Informatika Budi Dharma 7 1 152-6.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.