ANALISIS PRODUKTIVITAS MESIN PERCETAKAN PERFECT BINDING DENGAN METODE OEE DAN FMEA

Main Article Content

Arif Rahman
Surya Perdana

Abstract

Mesin Perfect Binding merupakan alat finishing untuk proses menjilid buku yang sering digunakan pada industri percetakan. Ketika berproduksi masalah yang sering muncul pada mesin Perfect Binding adalah downtime, breakdown, setup and adjustment yang mengakibatkan produktivitas hasil produksi berkurang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan produktifitas dengan cara mengetahui hasil perhitungan Overall Equipment Effetiviness (OEE) pada mesin Perfect Binding dan mengetahui beberapa faktor yang menjadi penyebab menurunnya produktivitas hasil produksi dengan menggunakan diagram sebab akibat dan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) sehingga dapat dilakukan langkah-langkah perbaikan. Berdasarkan perhitungan Overall Equipment Effetiviness (OEE) pada Mesin Perfect Binding, periode April-Juni 2016 dibandingkan dengan periode April-Juni 2017, didapatkan hasil terjadi peningkatan di bulan April 2017 sebesar 2,24%, di bulan Mei 2017 sebesar 11,88%, dan di bulan Juni 2017 sebesar 4,53%. Secara umum pencapaian OEE meningkat tetapi belum mencapai kriteria World Class OEE. Rendahnya nilai OEE disebabkan oleh 4 faktor yaitu pengetahuan operator tentang mesin kurang (Manusia), temperatur lem tidak stabil (Mesin), vendor terlambat supply (Material), dan waktu ganti pisau tidak efisien (Metode).

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Arif Rahman, Universitas Indraprasta

Jurusan Teknik Industri Universitas Indraprasta

Surya Perdana, Universitas Indraprasta

Jurusan Teknik Industri Universitas Indraprasta

References

Kuncahyo, D. S. 2015. Pendekatan Penerapan Total Productive Maintenance (Tpm) Di Stasiun Press Palm Oil Pada Mesin Digester Dan Mesin Press PT. Bangkitgiat USAha Mandiri Dengan Menggunakan Indikator Oee Dan Metode Fmeca (Failure Mode Effect and Critical Analysis). Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri, 8(3).

Bilianto, B. Y., & Ekawati, Y. 2017. Pengukuran Efektivitas Mesin Menggunakan Overall Equipment Effectiveness untuk Dasar Usulan Perbaikan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 15(2), 116-126.

Rosyidi, K., Santoso, P. B., & Sasongko, M. N. 2015. Peningkatan Efektivitas Perawatan Mesin Perontok Bulu Unggas Dengan Metode Overall Equipment Effectiveness dan Failure Mode Effect Analysis (Studi Kasus di Perusahaan Pengolahan Ayam Kampung Pasuruan). Journal of Engineering and Management in Industrial System, 3(2).

Jannah, R. M., Supriyadi, S., & Nalhadi, A. 2017. Analisis Efektivitas Pada Mesin Centrifugal Dengan Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE). In Prosiding Seminar Nasional Riset Terapan| SENASSET (pp. 170-175).