PENGEMBANGAN PRODUK SPIDER FITTING BERDASARKAN ANALISA KEBUTUHAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY

Main Article Content

Ahmad Ahmad
Mohammad Agung Saryatmo
Hansel Christian

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan konsumen pada produk Spider Fitting, sehingga perusahaan dapat memperbaiki dan mengembangkan kualitas produk mereka. Dalam mengidentifikasi keinginan konsumen didapatkan 7 voice of customer yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quality Function Deployment (QFD). Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa atribut perbaikan kualitas yang menjadi prioritas adalah kemudahan pengaturan sudut kaca, finishing permukaan, kemudahan dalam pemasangan dan kekuatan konstruksi. Technical response yang menjadi prioritas berdasarkan HOQ dengan nilai absolute importance 112,41 (26,15%) yaitu spider fitting yang fleksibel dalam pengaturan sudut, prioritas ke 2 dengan nilai absolute importance 91,71 (21,34%) yaitu finishing mirror, prioritas ke 3 dengan nilai absolute importance 68,79 (16%) yaitu membuat kepala baut segi enam pada bagian baut penjepit kaca dan prioritas ke 4 dengan nilai absolute importance 65,48 (15,23%) yaitu menggunakan plat dengan ketebalan 3mm-6mm. Dari 3 konsep usulan yang di buat maka dipilih konsep ke 3 yang dianggap lebih baik berdasarkan empat kreteria prioritas.

Kata kunci: Spider Fitting, QFD, API, HOQ

Article Details

Section
Articles