ANALISIS STUDI GERAKAN DAN SIMULASI ANTRIAN UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADA PELAYANAN SERVIS MOTOR

Main Article Content

Hendy Tannady
Erwin Adianto

Abstract

Saat ini perusahaan produk maupun jasa menghadapi persaingan yang sangat ketat. Seiring berjalannya waktu semakin besar keinginan dan kebutuhan konsumen. Ketika konsumen menginginkan kualitas yang makin baik maka industri harus mengurangi biaya dan berbagai aspek penunjang lainnya. Salah satu yang paling mendasar adalah peningkatan produktivitas karyawan. Produktivitas karyawan dinilai sebagai salah satu faktor penting dalam menjalankan usaha baik perusahaan produk maupun jasa. Secara umum adanya produktivitas dilihat dari output yang dihasilkan dan dapat dimodifikasi hasilnya seperti waktu yang lebih singkat dan sebagainya. Karyawan yang memiliki output paling besar dalam jumlah waktu yang ditentukan dapat dikategorikan sebagai karyawan yang produktif maupun sebaliknya. Penelitian menggunakan pengamatan peta tangan kanan dan kiri serta simulasi antrian dalam mengoptimumkan waktu yang dihasilkan. Setelah melakukan serangkaian improvisasi pada gerakan tangan kanan dan kiri, diperoleh peningkatan produktivitas sebesar 17% pada lini servis pit biasa dan 12% (6 motor menjadi 8 motor) pada lini high end pit (4 motor menjadi 5 motor).

Kata Kunci: Produktivitas, Simulasi Antrian, Optimum. 

Article Details

Section
Articles