PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA KOPERASI DENGAN METODE BALANCED SCORECARD BERBASIS BORLAND DELPHI
Main Article Content
Abstract
Balanced Scorecard adalah suatu alat manajemen kinerja yang dapat membantu organisasi untuk menerjemahkan visi dan strategi ke dalam aksi dengan memanfaatkan sekumpulan indikator finansial dan non-finansial. Terdapat empat aspek yang diukur dalam Balanced Scorecard (BSC) yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja dari Koperasi Karyawan PWGM dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard. Hasil identifikasi berdasarkan sasaran strategis (strategic objective) dan kebutuhan manajemen, terbentuk 26 KPI (Key Performance Indicator), terdiri atas 7 KPI pada perspektif keuangan, 6 KPI pada perspektif pelanggan, 9 KPI pada perspektif proses bisnis internal, dan 4 KPI pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Secara keseluruhan, indeks pencapaian kinerja pada Kopkar PWGM adalah kategori kurang baik dengan skor kinerja sebesar 3,800.
Kata kunci: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Koperasi
Article Details
All publications by Jurnal Ilmiah Teknik Indsutri (Jurnal Keilmuan Teknik dan Manajemen Industri ) [p-ISSN: 2337-5841, e-ISSN: 2355-6528] is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.