DESAIN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KEKUATAN PRODUK DENGAN PENDEKATAN ANALISIS DESAIN FAKTORIAL

Ahmad Ahmad, Lithrone Laricha Salomon, Jessica Jessica

Article Metrics

Abstract view : 90 times
DOWNLOAD - 102 times

Abstract

Produk webbing and elastic tape, adalah beberapa produk andalan yang di produksi oleh PT AMF. kedua produk tersebut merupakan produk setengah jadi yang akan diolah kembali oleh perusahaan lain yang membutuhkan. Pada saat kegiatan produksi berlangsung banyak permasalahan terjadi sehingga faktor yang berepengaruh terhadap kualitas tidak teridentifikasi dengan baik. Untuk itu perlu dilakukan analisa menggunakan metode six sigma dan factorial design dengan melakukan uji tarik untuk menemukan factor-faktor yang berpengaruh terhadap kualitas. Selain itu dapat diketahui settingan optimum sehingga didapatkan suatu produk terbaik. Dari analisis data, diketahui Defect per Million Opportunities pada Tahun 2016 sebesar 9295.597 dengan tingkat sigma 3.85, ini menunjukan proses kegiatan dalam keadaan baik. Perancangan desain eksperimen telah dilakukan dengan menguji 3 faktor yang dinilai berpengaruh terhadap kualitas produk, yaitu desain, kecepatan dan jenis benang. Analisa perhitungan menunjukkan bahwa semua variable input mempengaruhi variable respon. Pada main effect dan interaction plot for respon diketahui desain dan jenis benang memiliki pengaruh lebih kuat terhadap kekuatan, dibandingkan dengan kecepatan yang pengaruhnya relatif kecil. Hasil optimum di dapatkan, pada webbing tape adalah desain A2, kecepatan B1 55 cm/menit, jenis benang C3 filamen. Sedangkan pada elastic tape adalah desain A3, kecepatan B3 32 cm/menit, dan jenis benang C3 nilon.

Keywords

DMAIC; Six sigma; Desain Faktorial; uji tarik; kualitas Produk.

Full Text:

DOWNLOAD

References

Heizer, Jay and Barry Bender. 2006. Operations Management (Manajemen Operasi).

Jakarta: Salemba Empat

Gasperz, Vincent. 2005. Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jap, Lilyana. Lithrone Laricha S., dan Wilson Kosasih. Jurnal: Peningkatan Kualitas Benang DTY Single 150D/48F pada Mesin Cone Wender Menggunakan Metode Six Sigma dan Factorial Design di PT. Gemilang Texindotama. Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara: Jakarta.

Latief, Y. & R.P Utami. 2009. Jurnal: Penerapan Pendekatan Metode Six Sigma Dalam Penjagaan Kualitas Pada Proyek Konstruksi. Makara Teknologi. Volume 13 No 2 Hal 67-72. Universitas Indonesia. Depok

Pete & Holpp. 2002. What Is Six Sigma. Yogjakarta: ANDI.

Revathi A, Sriram S. 2016. Jurnal: Implementation of Six sigma Concepts in Construction Project For Ensuring Quality Improvement. International Journal of Innovative Research in Science, Enginerring and Technology (Vol.5)

Montgomery, Douglas C. 2005. Design and Analysis Of Experiments, 6th Edition. New

York.

Wiryosumarto, H dan Okumura,T. 2000. Teknik Pengelasan Logam. Cetakan ke 8. Pradnya Paramita:Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.