PENGUKURAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN PENDEKATAN HUMAN RESOURCES SCORECARD

Main Article Content

Raditya Ardianwiliandri
Remba Yanuar Efranto
Amelia Handini

Abstract

Pengukuran kinerja saat ini belum memperhatikan korelasi antara visi dan misi perusahaan terhadap strategi sumber daya manusia, sehingga manajemen tidak mengetahui apakah tindakan yang telah dilakukan pada salah satu perspektif, telah mendukung tindakan di perspektif lainnya dalam mencapai visi & misi perusahaan yang telah ditetapkan. Agar terjadi keselaran antara Strategy Objectives (SO), program inisiatif, dan aktivitas khususnya di bidang SDM terhadap visi, misi, dan tujuan perusahaan, serta strategi sumber daya manusia, maka perlu diterapkan metode Human Resources Scorecard. Tujuan dari penelitian ini yaitu menentukan, mengukur, dan menganalisis strategy objectives dan indikator kunci yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan serta memberikan rekomendasi perbaikan kepada pengukuran kinerja sumber daya manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Human Resources Scorecard, Analytical Hierarchy Process, Scoring System OMAX, dan Traffic Light System. Berdasarkan hasil pengukuran kinerja dengan menggunakan metode Human Resources Scorecard, didapatkan 10 strategy objectives, 13 program Inisiatif, dan 20 Aktivitas yang dapat diterapkan oleh perusahaan.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Raditya Ardianwiliandri, Universitas Tarumanagara

Fakultas Teknik Industri Universitas Tarumanagara

Remba Yanuar Efranto, Universitas Brawijaya

Fakultas Teknik Industri Universitas Tarumanagara

Amelia Handini, Universitas Tarumanagara

Fakultas Teknik Industri Universitas Tarumanagara

References

Moeheriono. (2010). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Becker, B., Huselid, M. & Ulrich D. (2001). The HR Scorecard: Linking People, Strategy, and Performance. Boston: Harvard Business School Press.

Iveta, Gabcanova. (2012). Human Resources Key Performance Indicators. Journal Of Compatitiveness. 4 (1): 117-128.

Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi.

Riggs, James L. (1986). Essentials Of Engineering Economics (McGraw-Hill Series In Industrial Engineering And Management Science). 2nd Edition. New York City: McGraw-Hill Education.