PENGEMBANGAN PRODUK DAN ANALISIS KELAYAKAN BISNIS ALAT BANTU MENCUCI CLEAN WASHING MC SEBAGAI PENGGANTI SISTEM KERJA MESIN CUCI

Andira Andira, Dadang Wiratmoko

Article Metrics

Abstract view : 42 times
DOWNLOAD - 59 times

Abstract

Kebutuhan manusia akan sandang yang bersih menjadikan kegiatan mencuci menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindarkan. Untuk mempermudah kegiatan pencucian maka diperlukan alat bantu mencuci seperti mesin cuci listrik yang sekarang sering dijumpai. Namun sistem kerja mesin cuci listrik dengan pencucian dengan tangan berbeda yang mengakibatkan berbedanya hasil pencucian. Hal kedua pencucian dengan mesin cuci juga memerlukan biaya tambahan karena penggunaan tenaga listrik. Oleh karena permasalahan tersebut, lalu dilakukan perancangan produk alat bantu mencuci yang sesuai dengan karakteristik keinginan konsumen. Dengan menggunakan analisis “Need-Matrix” untuk menghasilkan produk rancangan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, serta mempertimbangkan factor biaya, listrik, ergonomis, dan nilai effisiensi tempat maka didapatkan rancangan produk alat bantu mencuci yang diberi nama “clean washing mc”. Dilakukan juga analisis kelayakan dari aspek marketing, teknis dan finansial. Dengan menghitung nilai variable cost (material, listrik, dan tenaga kerja) dan investasi awal fix cost (gedung, mesin, marketing, dan biaya persiapan awal) serta harga jual ditetapkan Rp. 550.000 dengan nilai margin 25%. Dari hasil perhitungan didapatkan NPV  Rp.1.941.000.000  >  0, nilai IRR 20% > 7% dan Pay back 4 tahun + 1 bulan. Dari tiga aspek analisis tersebut dapat dinyatakan bahwa bisnis ini layak dijalankan.

Keywords

Analisis kelayakan; Perancangan produk; alat bantu mencuci; NPV; IRR

Full Text:

DOWNLOAD

References

Kotler, Philip. (2000) Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan,implementasi, dan Pengendalian. Edisi 1. Terjemahan A.B Susanto. Jakarta: Salemba Empat.

Ulrich, T Karl. (2012). Product Design and Development, 5th Edition, McGraw-Hill

Heragu, S. (1997), Facilities Design. Boston: PWS Publishing Company.

Newnan, Donald G. (1990) Engineering Economic Analysis, Edisi 3, Binarupa Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.