PERBAIKAN KADAR KAFEIN PADA PRODUK KOPI ARABICA DENGAN MENGGUNAKAN DESAIN EKSPERIMEN TAGUCHI

Rio Prasetya Lukodono, Nasir Widha Setyanto, Muhammad David Izzulhaq

Article Metrics

Abstract view : 88 times
DOWNLOAD - 101 times

Abstract

Peningkatan konsumsi kopi sebagai stimulan oleh masyarakat modern semakin tinggi. Kafein yang terkandung di dalamnya memang terbukti secara klinis mampu meningkatkan daya tahan tubuh, daya keterjagaan, bahkan meningkatkan taraf kognitif otak apabila dikonsumsi dalam dosis yang wajar. Kadar kafein yang dibolehkan oleh SNI adalah 9-20 mg/g. Namun di lapangan, banyak perusahaan kopi yang masih belum memperhatikan kadar kafein dalam kopi yang diproduksinya. Hal tersebut berujung pada tidak dikeluarkannya nomor ijin dari dinas kesehatan untuk kopi bubuk yang telah diproduksi namun memiliki kadar kafein diluar standar SNI. Berangkat dari hal itu, penelitian ini bertujuan mengetahui faktor dan level faktor apa saja yang secara signifikan mempengaruhi perubahan kadar kafein agar sesuai dengan SNI serta mengetahui bagaimanakah faktor dan level faktor optimal yang dapat memperbaiki penyimpangan nilai kafein produk kopi bubuk Arabica Java Ijen-Raung dengan menggunakan metode desain eksperimen Taguchi. Adapun hasil dari penelitian yakni lama penyangraian, suhu sangrai, lama fermentasi, dan lama penjemuran, berturut-turut merupakan faktor-faktor yang cukup signifikan dalam mempengaruhi perubahan kadar kafein sesuai dengan SNI.

Keywords

Kopi Arabica Java Ijen-Raung; kafein; SNI; Taguchi

Full Text:

DOWNLOAD

References

Purdiani, Monica. (2014). Hubungan Penggunaan Minuman Berkafein Terhadap Pola Tidur dan Pengaruhnya Terhadap Tingkah Laku Mahasiswa/I Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Surabaya

Lukodono, R. P., Novareza, O., & Rachmansyah, I. (2017). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Produk Minuman Kopi Berdasarkan Uji Organoleptik. Prosiding SNTI dan SATELIT 2017 (pp. D93-98). Malang:Jurusan Teknik Industri Universitas Brawijaya.

Liveina, dan Artini I. G. A. (2013). Pola Konsumsi dan Efek Samping Minuman Mengandung Kafein pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Setyanto, Nasir Widha, Lukodono, Rio Prasetyo. (2017). Teori dan Aplikasi Desain Eksperimen Taguchi. Malang: UBPress

Belavendram, Nicolo. (1995). Quality by Design Taguchi Techniques for Industrial Experimentation. London: Prentice Hall International (UK) Limited.

Soejanto, Irwan. (2008). Rekayasa Kualitas: Eksperimen dengan Teknik Taguchi. Surabaya: Yayasan Humaniora


Refbacks

  • There are currently no refbacks.