ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DAN IMPORTANCE PERFORMANCE MATRIX (Studi Kasus: Puskesmas 24 Jam Tingkat Kecamatan di Jakarta)

Main Article Content

Lithrone Laricha
Andres Andres
Hilda Setia Dharma

Abstract

Kesehatan adalah kebutuhan dasar setiap orang. Salah satu jenis pelayanan kesehatan dalam lingkup terkecil adalah Puskesmas. Pelayanan di Puskesmas terus ditingkatkan terutama dalam segi fasilitas sarana dan prasarana, tetapi beberapa masyarakat masih menganggap puskesmas kurang kompeten. Berdasarkan hal tersebut, penelitian dilakukan untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan di Puskesmas 24 jam tingkat kecamatan di Jakarta dari sisi lain selain fasilitas sarana dan prasarana dan juga untuk menentukan strategi pengembangan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Puskesmas. Dari hasil kuesioner yang disebar kepada 384 responden di 42 Puskesmas tingkat kecamatan di Jakarta didapatkan nilai IKM sebesar 81,15 dan termasuk golongan Baik. Setelah didapatkan nilai IKM, maka selanjutnya data diolah dengan menggunakan Importance Performance Analysis sehingga didapatkan Importance Performance Matrix. Berdasarkan hasil Importance Performance Matrix, didapatkan unsur A1, A6, A10, dan A11 menjadi unsur yang harus lebih diperhatikan karena dianggap penting tetapi pelaksanaannya masih belum sesuai dengan harapan masyarakat. Strategi pengembangan akan dilakukan dengan menggunakan metode Hoshin Kanri.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Lithrone Laricha, Universitas Tarumanagara

Fakultas Teknologi Industri Universitas Tarumanagara

Andres Andres, Universitas Tarumanagara

Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara

Hilda Setia Dharma, Universitas Tarumanagara

Fakultas Teknologi Industri Universitas Tarumanagara

References

. Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas

. Pohan, Imbalo S. 2004. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC. Pustaka Utama.

. Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

. Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004.

. Nugraha, R., Harsono, A., Adianto, H. 2014. Usulan Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa pada Bengkel “X” Berdasarkan Hasil Matrix Importance-Performance Analysis (Studi Kasus di Bengkel AHASS PD. Sumber Motor Karawang). Jurnal Teknik Industri Institut Nasional. No. 03 Vol. 01 Januari 2014. ISSN : 2338-5081.

. Jackson, Thomas L. 2006. Hoshin Kanri for the Lean Enterprise: Developing Competitive Capabilities and Managing Profit. New York: Productivity Press.

. Santoso, Singgih. 2010. Statistik Nonparametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

. Sujatmiko, dkk. 2013. Upaya Peningkatan Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Berdasarkan Hasil Analisis Metode Servqual dan Regresi Linear Berganda (Studi Kasus Jurusan Teknik Mesin Universitas di Malang. Jurnal Teknik Universitas Brawijaya. Vol. 1 No. 1 Tahun 2013. ISSN 2338-3925.

. Yola, Melfa dan Duwi Budianto. 2013. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk pada Supermarket dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Optimasi Sistem Industri Vol. 12 No. 12. April 2013 : 301-309. ISSN : 2088-4842.

. Hariany, Zulfida dan Rahim Matondang. 2014. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Publik di Puskesmas XXX. Jurnal Teknik Industri Universitas Sumatera Utara. Vol. 5 No. 2 Maret 2014 : 17-21