RANCANGAN FASILITAS KERJA PADA PROSES PERAKITAN CONTROLLER DI PT MULTITANAKA SURYATAMA BERDASARKAN PRINSIP ERGONOMI

Main Article Content

Lamto Widodo
I Wayan Sukania
Kevin Yota

Abstract

PT Multitanaka Suryatama adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur plastik. Salah satu proses yang dilakukan di perusahaan ini adalah proses perakitan controller. Berdasarkan analisa kuisioner Nordic Body Map (NBM), proses ini dikerjakan dengan posisi kerja yang menyebabkan  keluhan fisik operator. Posisi kerja pada proses ini memiliki tingkat risiko musculoskeletal yang tertinggi berdasarkan analisis Rapid Entire Body Assesment (REBA) yaitu memiliki skor 11. Analisis dengan menggunakan peta tangan kanan dan kiri menunjukkan adanya kegiatan-kegiatan yang tidak efisien dan dapat dieliminasi seperti kegiatan mencari, menganggur, dan menjangkau.  Tahap penelitian berikutnya adalah dilakukan analisis keluhan, harapan dan kebutuhan serta kuisioner perancangan fasilitas kerja. Berdasarkan hal tersebut, didapatkan 3 (tiga) buah alternatif desain yang kemudian dipilih dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Alternatif yang terpilih disesuaikan dengan antropometri tubuh pekerja dan dilakukan simulasi dengan menggunakan perangkat lunak CATIA sehingga didapatkan nilai REBA adalah 3 (dapat diterima, risiko rendah). Kemudian hasil rancangan diujudkan dalam bentuk prototype dan dilakukan implementasi. Hasil implementasi menunjukkan keluhan fisik berkurang dari 17 bagian tubuh menjadi 2 bagian tubuh. Skor tertinggi REBA mengalami penurunan menjadi 2 sehingga tingkat risiko rendah. Kegiatan mencari, menganggur dan menjangkau dieliminasi sehingga terjadi penurunan waktu siklus untuk proses perakitan sebesar 14,43%.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Lamto Widodo, Universitas Tarumanagara

Fakultas Teknologi Industri Universitas Tarumanagara

I Wayan Sukania, Universitas Tarumanagara

Fakultas Teknologi Industri Universitas Tarumanagara

Kevin Yota, Universitas Tarumanagara

Fakultas Teknologi Industri Universitas Tarumanagara

References

B. P. Maharani, B. Aribowo and N. Nurhasanah (2015), "Usulan Perbaikan Postur Kerja Karyawan CV Atham Toy's Mainan Kayu (ATMK) dengan Metode Quick Exposure Check," Jurnal PASTI, vol. IX, no. 3.

R. N. Jalajuwita and I. Paskarini (2015), "Hubungan Posisi Kerja dengan Keluhan Muskuloskeletal pada Unit Pengelasan PT.X Bekasi," The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, vol. 4, no. 1

N. R. As'ad, E. Achiraeniwati and Y. S. Rejeki (2016), "Perbaikan Sistem Kerja pada Industri Rumah Tangga Sepatu di Cibaduyut Bandung untuk Meminimasi Beban Kerja Mental," Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 2.

A. Kristanto and D. A. Saputra (2011), "Perancangan Meja dan Kursi Kerja yang Ergonomis pada Stasiun Kerja Pemotongan Sebagai Upaya Peningkatan Produktivitas," Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 10.

A. Descantha, Y. Roquelaure, J.-F. Chastang, B. Evanoff, M. Melchior, C. Mariot, C. Ha, E. Imbernon, M. Goldberg and G. Leclerc (2007), "Validity of Nordic-style Quiistionnaire in the Suvrveillance of Upper-Limb Work-Related Musculoskeletal Disorders," Scandinavian Jounral of Work, Environment & Health.

S. Hignett and L. McAtamney (2000), "Technical note Rapid Entire Body Assesment," Applied Ergonomics, vol. 1, no. 31.

S. and O. M. Firdaus (2011), "Analisis Pengukuran RULA dan REBA Petugas pada Pengangkatan Barang di Gudang dengan Menggunakan Software Egro Intelligence (Studi kasus: Petugas Pembawa Barang di Toko Dewi Bandung)," in Prosiding Seminar Nasional Ritektra.

N. Stanton, A. Hedge, K. Brookhuis, E. Salas and H. Hendrick (2005), Handbook of Human Factors and Ergonomics Methods, Washington, D.C.: CRC Press LLC.

I. Z. Sutalaksana, R. Anggawisastra and J. H. Tjakraatmadja (2006), Teknik Perancangan Sistem Kerja, Bandung: Institut Teknologi Bandung.

T. Rachman (2013), "Penggunaan Metode Work Sampling untuk Menghitung Waktu Baku dan Kapasitas Produksi Karungan Soap Chip di PT. SA," Jurnal Inovisi, vol. 9, no. 1.

R. A. Simanjuntak and D. Hernita (2013), "Usulan Perbaikan Metode Kerja Berdasarkan Micromotion Study dan Penerapan Metode 5S untuk Meningkatkan Produktivitas," Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Yogyakarta.

Y. Helianty, C. SW and M. L. Astuti (208), "Usulan Perbaikan Stasiun Kerja di Bagian Packing dengan Menggunakan Prinsip-Prinsip Ergonomi (Studi Kasus di PT. Nikkatsu Electric Work)," Jurusan Teknik dan Manajemen Industri Institut Teknologi Nasional, Bandung.

T. L. Saaty (2008), "Decision Making with the Analytic Hierarchy Process," Int. J. Services Science, vol. 1, no. 1.

E. M. Pribadi, R. Wahyuniardi and A. Herquitanto (2009), "Analisis SIkap Kerja Statis Operator Bagian Maintenance & Assembly PT. NTP-Bandung," in Prosiding Seminar Nasional Ergonomi IX, Semarang.