PERANCANGAN MODEL TATA LETAK GUDANG BAHAN BAKU DENGAN METODE CLASS BASED STORAGE DAN SIMULASI PROMODEL

Main Article Content

Winnie Septiani
Astrin Ega Dahana
Sucipto Adisuwiryo

Abstract

PT. Wijaya Karya (WIKA) Industri Energi merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  yang memproduksi produk berbasis pemanas air. Permasalahan yang teridentifikasi di gudang bahan baku saat ini adalah keterlambatan pengiriman bahan baku ke lantai produksi yang disebabkan karena waktu perpindahan bahan baku yang besar. Penyebab utama permasalahan ini adalah peletakan bahan baku di gudang yang tidak teratur. Penelitian ini bertujuan merancang model perbaikan tata letak gudang untuk meminimasi waktu perpindahan . Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode class based storage dan simulasi Promodel. Perbaikan tata letak gudang dilakukan dengan mempertimbangkan pengurutan aktivitas, pembentukan kelas, rak penyimpanan dan luas gudang saat ini. Perancangan tata letak gudang dengan metode class based storage  diperoleh tiga usulan tata letak. Evaluasi hasil  rancangan dimulai dengan mengevaluasi  tata letak gudang bahan baku awal.  Ketiga usulan perbaikan tata letak gudang baku tersebut kemudian disimulasikan dengan menggunakan Promodel kemudian di verifikasi dan validasi. Usulan 3 merupakan usulan tata letak terbaik karena memiliki waktu perpindahan yang terkecil. Pada tata letak usulan 3 rak kabel dan rak bahan kimia ditukar penempatannya karena dari hasil perhitungan presentase pemakaian rak bahan kimia memiliki presentase pemakaian yang lebih tinggi dibandingkan dengan rak kabel sehingga lebih baik diletakkan yang mendekati pintu I/O. Peletakkan rak penyimpanan material buku, cover enamel, karton pada usulan 3 juga mengalami perpindahan dari keadaan tata letak awal. Hasil rancangan ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam menangani permasalahan tata letak gudangnya.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Winnie Septiani, Universitas Trisakti

Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti

Astrin Ega Dahana, Universitas Trisakti

Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti

Sucipto Adisuwiryo, Universitas Trisakti

Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti

References

Yu, Y., Koster, R. B. M. d., dan Guo, X. (2015). Class-Based Storage with a Finite Number of Items: Using More Classes is not Always Better. Production and Operations Management. No. 24, PP. 1235–1247.

Zaerpour, N., Yu, Y., dan Koster, R. B. M. d. (2017). Optimal two-class-based storage in a live-cube compact storage system. IISE Transactions. No. 49, PP. 653-668.

Hadiguna, R. A. dan Setiawan, H. (2008). Tata Letak Pabrik. Penerbit Andi. Yogyakarta

Shqair, M. I. dan Altarazi, S. A., "Layout design of multiple blocks class-based storage strategy warehouses," presented at the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, Bali, 2014.

Hidayat, N. P. A. (2012). Perancangan Tata Letak Gudang dengan Metode Class Based Storage Studi Kasus CV. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains Dan Teknologi. No. 1, PP. 105-115.

Sujana, A. P., Damayanti, D. D., dan Astuti, M. D. (2014). Usulan Perbaikan Alokasi Penyimpanan Barang dengan Metode Class Based Storage pada Gudang Bahan Baku 1 PT. SMA. (JRSI) Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri. No. 1, PP. 1-7.

Accorsi, R., Bortolini, M., Ferrari, E., Gamberi, M., dan Pilati, F. (2018). Class-Based Storage Warehouse Design with Diagonal Cross-Aisle. Log Forum Scientific Journal of Logistics. No. 14, PP. 101-112.