PENJADWALAN PERAWATAN KOMPONEN KRITIS DENGAN PENDEKATAN RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) PADA PERUSAHAAN KARET

Main Article Content

Heri Wibowo
Ahmad Sidiq
Ariyanto Ariyanto

Abstract

Perusahaan karet memproses karet remah menjadi karet dengan Standar Indonesia Rubber (SIR). Permasalahan yang sedang dihadapi adalah tingginya waktu kerusakan mesin (downtime) yang mengakibatkan sistem produksi menjadi terganggu. Rata-rata downtime mesin mencapai 2.84% setiap bulannya yang mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi metode perawatan yang selama ini berjalan kurang baik dengan memperhatikan faktor keandalan (reliability) mesin produksi. Oleh sebab itu, pendekatan Reliability Centered Maintenance (RCM) digunakan untuk menganalisis sistem tersebut untuk mengetahui komponen-komponen yang termasuk dalam kategori kritis. Berdasarkan hasil analisis dengan metode RCM maka diperoleh tiga rekomendasi tindakan perawatan yaitu Condition Directed (CD), Time Directed (TD), dan Finding Failure (FF). Hasil perhitungan interval penggantian komponen dengan kriteria total minimum downtime (TMD) menunjukkan bahwa interval pergantian komponen Rantai Bucket Hammer Mill, pisau Screen, pisau Rotor Hammer Mill, Bearing Bucket Hammer Mill adalah 71 hari, 28 hari, 19 hari dan 52 hari.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Heri Wibowo, Universitas Malahayati

Program Studi Teknik Industri Universitas Malahayati

Ahmad Sidiq, Universitas Malahayati

Program Studi Teknik Industri Universitas Malahayati

Ariyanto Ariyanto, Universitas Malahayati

Program Studi Teknik Industri Universitas Malahayati

References

Gaspersz, V., 1992, Analisis Sistem Terapan Berdasarkan Pendekatan Teknik Industri, Penerbit Tarsito, Bandung.

Dhillon, B.S., 2006, Maintanability, Maintenance, and Realibility for Engineers, Taylor and Francis Group. New York.

Rasindyo, M.R., Kusmaningrum, Helianty, Y. 2015. Analisis Kebijakan Perawatan Metode Reliability Centered Maintenance. Jurnal Reka Integra. Vol. 3 No. 1, p 400 – 410.

Moubray, J., 1997, Reliability Centered Maintenance. Second Edition, Industrial Press Inc, NewYork.

Ramli, R, Arifin, M.N. 2012. Reliability Centered Maintenance In Scheduled Improvement of Automotive Assembly Industry. American Journal of Applied Science. Vol. 9 No. 8, p 1232 -1236.

Ebeling, C.E., 1997, An Introduction to Reliability and Maintainability Engineering, The McGraw Hills Companies Inc, Singapore.

Irianto, D., 2010, Failure Mode & Effect Analysis, Manufacturing Systems Research Group ITB, Bandung.

Asisco, H., Amar, K., Perdana, Y.R. 2012. Usulan Perencanaan Perawatan Mesin Dengan Metode Reliability Centered Maintenance di PT. Perkebunan Nusantara VII (Persero) Unit Usaha Sungai Niru Muara Enim. Jurnal Kaunia. Vol. 8 No. 2, p 78 – 98.

Blanchard, B.S., 1980, Maintainability : A Key to Effective Serviceability and Maintenance Management, John Wiley & Sons Series, United States of America.