ANALISIS PENJADWALAN PROYEK NEW PRODUCT DEVELOPMENT MENGGUNAKAN METODE PERT DAN CPM

Atica Angelin, Silvi Ariyanti
| Abstract views: 486 | views: 780

Abstract

Perencanaan dan pengendalian suatu proyek memiliki peran penting untuk kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan proyek. Kegagalan dalam suatu proyek dapat disebabkan oleh perencanaan yang kurang matang serta pengendalian yang kurang efektif sehingga dapat menyebabkan keterlambatan dan menurunnya kualitas sehingga kegiatan proyek menjadi tidak efisien. Dalam pelaksanaannya, durasi proyek dibatasi oleh jadwal yang telah ditentukan sehingga pimpinan yang terlibat dalam proyek harus dapat mengantisipasi perubahan kondisi yang terjadi. Adapun untuk pelaksanaan proyek tersebut memerlukan perencanaan proyek yang optimal dengan memanfaatkan metode CPM dan PERT. Dengan membandingkan kedua metode tersebut dihasilkan data bahwa dengan menggunakan metode CPM menghasilkan durasi penyelesaian proyek yang lebih cepat. Durasi yang dibutuhkan untuk menyesaikan proyek dengan metode CPM adalah 101 hari dan dengan PERT 102 hari. Dengan metode CPM dapat dilakukan percepatan waktu penyelesaian proyek 34% dari jadwal proyek eksisting.


Keywords

Penjadwalan, Perencanaan, CPM, PERT.

Full Text:

DOWNLOAD

References

Agyei, Wallace. 2015. Project Planning And Scheduling Using PERT And CPM Techniques With Linear Programming: Case Study. International Journal of Scientific & Technology Research. 4(8). 222-227.

Chatwal, 2014. Aplication of Project Scheduling in a Bottling Unit Startup Using PERT and CPM Techniques. International Journal of Advanced Research in Engineering and Applied Science. Vol 3,No.6, Juni 2014

Soeharto, Imam. 2001. Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta: Erlangga.

Ervianto, Wulfram., 2002. Manajemen Proyek Konstruksi, Andi, Yogyakarta

T Manahan, 2004. Manajemen Operasi, Ghalia Indonesia

Dimyanti, H.A Hamdan & Nurjaman, Kadar, 2014. Manajemen Proyek. Bandung : Pustka Setia

Nurhayati, 2010. Manajemen Proyek. Yogyakarta : Graha Ilmu


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.