PERANCANGAN STASIUN KERJA BAGIAN PACKING PADA PT. X

Main Article Content

Adianto Adianto
Indra Wijaya

Abstract

Kondisi kerja yang kurang nyaman dapat menyebabkan kerugian, salah satunya adalah keluhan bagian tubuh yang sakit pada pekerja. PT. X adalah salah satu perusahaan plastik yang memproduksi plastik dengan skala produksi 80 ton per hari, dimana terdapat pekerja-pekerja yang bekerja dalam posisi yang tidak ergonomis, salah satunya di bagian packing plastik High Density Poly Ethelene (HDPE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai resiko postur kerja pekerja bagian packing HDPE di PT. X berdasarkan nilai RULA dan memperoleh rancangan stasiun kerja yang diusulkan dari hasil AHP untuk mengurangi rasa sakit pada saat bekerja. Dalam penelitian ini digunakan metode Nordic Body Map Questionare, Rapid Upper Limb Assesment (RULA), dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil analisis dengan metode RULA telah diusulkan rancangan stasiun kerja yang ergonomis. 

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Adianto Adianto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Teknik Industri Universitas Tarumanagara

Indra Wijaya, Universitas Tarumanagara

Program Studi Teknik Industri

References

Nurmianto, Eko. 1998. Ergonomi, Konsep Dasarnya, dan Aplikasinya. Jakarta: Guna Widya.

Pourmahabadian, Mohammad, Mehdi Akhavan dan Kamal Azam. 2008. Investigation of Risk Factors of Work-Related Upper-Limb Musculoskeletal Disorders in a Pharmaceutical Industry, Journal of Applied Sciences 8 (7): 1262-1267. Iran.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Wardoyo, R., Harjoko, A. 2006. Fuzzy Multi -Attribute Decision Making. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Alonso, J. A., dan Lamata, M.T. 2006. Consistency In The Analytic Hierarchy Process: A New Approach, International Journal of Uncertainty, no 4, volume 14, hal 445-449. Spanyol: World Scientific Publishing Company.

Sukania, I Wayan., Lamto Widodo., Desica Natalia. 2013. Indentifikasi Keluhan Biomekanika dan Kebutuhan Operator Proses Packing di PT. X, Jurnal Energi dan Manufaktur Vol.6, No.1, April 2013: Hal 21-22. Jakarta.