PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTORY PT. ABC

Main Article Content

Iphov K Sriwana
Maria Loura Christia
Ellytasia Ellytasia
Gebriel Chandiawan

Abstract

PT. ABC bergerak dalam bidang penyediaan barang agrikultur. Saat ini, pencatatan laporan persediaan di PT. ABC belum optimal sehingga menyebabkan kinerja perusahaan menjadi terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan merancang sebuah sistem inventori berbasis web yang dapat menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh top management dan staf perusahaan agar dapat mengetahui dan mengendalikan jumlah stock barang yang terdapat dalam gudang. Alat pengembangan yang digunakan penelitian ini menggunakan PHP.5.6.3 sebagai bahasa pemrograman dan MySQL versi 5.6.21 sebagai manajemen database sistem inventori serta menggunakan bantuan software ArgoUML. Manfaat yang dapat diperoleh dalam sistem inventori ini adalah tim manajemen dapat mengetahui siapa saja customer perusahaan PT. ABC dan item apa saja yang paling banyak dibutuhkan, sehingga memudahkan tim manajemen untuk memutuskan strategi manajemen inventori perusahaan pada tahun berikutnya.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Iphov K Sriwana, Universitas Esa Unggul

Program Studi Teknik Industri

Maria Loura Christia, Universitas Tarumanagara

Program Studi Teknik Industri

Ellytasia Ellytasia, Universitas Tarumanagara

Program Studi Teknik Industri

Gebriel Chandiawan, Universitas Tarumanagara

Program Studi Teknik Industri

References

Borroel, Maria Rosario. 2014. Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset Pada Stikom Dinamika Bangsa Jambi (Studi Kasus: Penjualan Dan Disposal Aset Tetap). Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Dinamika Bangsa, Jambi. http://mediasisfo.stikom-db.ac.id (diakses pada tanggal 15 Juni 2017)

Susanto, Arisma. 2010. Pengembangan Sistem Informasi Inventori pada PT. Dwiwarna Inti Sejahtera. Universitas Islam Negri, Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/2014/1/ARISMA%20SUSANTO-FST.pdf (diakses pada tanggal 22 April 2017)

Anggadini, Sri Dewi. 2011. Analisis Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer dalam Proses Pengambilan Keputusan. http://jurnal.unikom.ac.id/_s/data/jurnal/volume-11-2/02-miu-11-2-sri-dewi.pdf/pdf/02-miu-11-2-sri-dewi.pdf (diakses pada tanggal 15 Juni 2017)

Utami, Sri, Setyaningsih. 2013. Peranan Sistem Informasi Manajemen Untuk Pengambilan Keputusan Pengusaha Kecil Universitas Slamet Riyadi, Surakarta https://media.neliti.com/media/publications/23335-ID-peranan-sistem-informasi-manajemen-untuk-pengambilan-keputusan-pengusaha-kecil.pdf (diakses pada tanggal 15 Juni 2017)

Sami, Mohammed. 2011. Quality of Information as Strategic Factor in Accounting Information System (AIS) towards better organizational performance. Universitas Utara Malaysia, JRMSI, Vol. 2, Hal:1-17

Subchan. 2014. Peranan Strategi Sistem Informasi Manajemen Untuk Mencapai Tujuan http://ito_riris.staff.gunadarma. ac.id (diakses pada tanggal 15 Juni 2017)