PERBAIKAN WAKTU SETUP DENGAN MENGGUNAKAN METODE SMED PADA MESIN FILLING KRIM

Main Article Content

Feby Nurhadiyanto Arief
Zulfa Fitri Ikatrinasari

Abstract

PT. GP merupakan perusahaan farmasi yang memproduksi obat-obatan dalam bentuk sediaan padat, setengah padat dan cair. Perusahaan saat ini memproduksi krim/salep dengan hambatan lamanya waktu setup dan tingginya waktu stop selama proses yang mengakibatkan banyaknya overtime akibat penggunaan waktu kerja yang tidak efisien. Hal ini bertambah berat dengan variasi kemasan primer produk yang menuntut singkatnya waktu change over pada proses pengemasan primer. Permasalahan ini mendorong perusahaan untuk mengurangi waktu setup serta change over untuk mengatasi keterlambatan waktu penyelesaian. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan waktu setup dan change over yang lebih cepat pada mesin filling krim. Pengurangan waktu setup dan change over menggunakan salah satu metode lean manufacturing yaitu metode SMED. SMED (Single Minute Exchange of Dies) adalah salah satu metoda dalam lean production dalam mengurangi waste selama proses produksi. Metode SMED dapat dilakukan dengan memisahkan kegiatan setup menjadi dua tahap yaitu internal setup dan eksternal setup sehingga proses setup dan change over menjadi lebih efektif. Penerapan metode SMED pada penelitian ini menghasilkan penurunan waktu setup sebanyak 26 % atau 16 meni

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Feby Nurhadiyanto Arief, Universitas Mercubuana

Program Studi Magister Teknik Industri

Zulfa Fitri Ikatrinasari, Universitas Mercubuana

Program Studi Magister Teknik Industri

References

DAFTAR PUSTAKA

Pine, J., Victor, B., & Boynton, A. C. (1993). Making Mass Costumization Work.

Dave, Y., & Sohani, N. (2012). Single Minute Exchange of Dies: A literature Review. Konya Teknokent.

Raikar, N. A. (2015). Reduction in Setup Time by SMED Methodology: A Case Study. International Journal of Latest Trends in Engineering and Technology (IJLTET), Vol. 5 Issue 4 .

Marchwinski, C., & Shook, J. (2003). Lean Lexicon : A graphical glossary for lean thinkers. Brookline: MA: Lean Enterprise Institute.

Zandin, K. B. (Ed.). (2004). Maynards Industrial Engineering Handbook (Vol. 5th ed). McGraw Hill.

Shingo, S. (1981). Study of Toyota Production System. (A. P. Dillon, Trans.) Productivity Press.

Shingo, S. (1985). A Revolution in Manufacturing.The SMED System. Cambridge Connecticut: Productivity Press USA.

Suhardi, B., & Satwikaningrum, D. (2015). Perbaikan Waktu Set Up dengan menggunakan Metoda SMED. Seminar Nasional IENACO.

Sivasankar, M., Dhandapani, N., Manojkumar, S., Karthick, N., Raja, K., & Yuvaraj, J. (2011). Experimental verification of Single Minute Exchange Dies (SMED). Recent Research in Science and Technology, 3(3); 92-97 .

Tanzil, R. N., Damayanti, D. D., & Suryadhini, P. P. (2015). Usulan Perbaikan Waktu Setup dalam Meminimasi Keterlambatan Penyelesaian Order pada Komponen Isolating Cock dengan Metode SMED di PT. Pindad (Persero). e-Proceeding of Engineering, Vol.2, No.2 | Page 3981.