PENERAPAN LEAN SIX SIGMA UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN KUALITAS PRODUK KEMASAN FOOD PAIL PADA PERUSAHAAN PERCETAKAN

Main Article Content

Stevie Joes
Lithrone L. salomon
Frans Jusuf Daywin

Abstract

Penelitian dilakukan pada perusahaan percetakan dengan objek penelitian yaitu kemasan food pail. Berdasarkan hasil studi lapangan, teridentifikasi pemborosan defect, overproduction, dan transportation yang terjadi pada departemen produksi. Berdasarkan rata-rata persentase defect selama 7 bulan terakhir, diketahui persentase defect kemasan food pail sebesar 9,56%. Tahapan penelitian menggunakan prinsip DMAIC. Tahap define menggunakan metode diagram SIPOC dan CTQ. Pada tahap measure menggunakan WAM untuk mengidentifikasi pemborosan yang terjadi melalui penyebaran kuesioner. Berdasarkan perhitungan tahap measure, diketahui bahwa tingkat efisiensi perusahaan saat ini sebesar 29,07%. Tingkat kualitas yang ditunjukkan dalam nilai sigma sebesar 3,62 dan nilai DPMO sebesar 15.719 produk. Setelah mengetahui kondisi perusahaan, penelitian dilanjutkan dengan melakukan analisis penyebab. Analisis penyebab menggunakan fishbone diagram, dan failure mode and effect analysis. Berdasarkan hasil analisis, diberikan usulan perbaikan dalam tahapan proses produksi kemasan food pail. Penelitian dilanjutkan pada tahap terakhir yaitu pengendalian, dimana tahap melakukan perhitungan kembali untuk memonitor kondisi perusahaan setelah dilakukan implementasi perbaikan. Hasil perhitungan menunjukkan terjadinya peningkatan nilai process cycle efficiency menjadi 32,48%. Selain itu, peningkatan tingkat sigma menjadi 3,9 dan penurunan nilai defect per million opportunities sebesar 8.262 produk. Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan nilai efisiensi sebesar 3,41%, nilai sigma sebesar 0,28, dan penurunan DPMO sebesar 8.551 produk

Article Details

Section
Articles

References

D. P. Anggraeni, S. Kumadji and Sunarti, "Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan," Jurnal Administrasi Bisnis, vol. XXXVII, no. 1, pp. 171-177, 2016.

V. R.-c. M. &. C. S. J. Manuela, The Value Co-creation Process as A Determinant of Customer Satisfaction, Management Decision, 2015.

G. E. A. T. S. K. A. N. Olivia Tjandra, "Analisa Pengaruh Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Perantara di Restoran Boncafe Surabaya," Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, vol. 4, no. 1, pp. 37-51, 2016.

M. A. H. Ari Fakhrus Sanny, "Implementasi Metode Lean Six Sigma sebagai Upaya Meminimalisasi Cacat Produk Kemasan Cup Air Mineral 240ml (Studi Kasus Perusahaan Air Minum)," Jurnal Gaussian, vol. 4, no. 2, pp. 227-236, 2015.

Sarman and D. Soediantono, "Literature Review of Lean Six Sigma Implementation and Recommendations for Implementation in the Defense Industries," Journal of Industrial Engineering and Management Research, vol. III, no. 2, pp. 24-34, 2022.

Y. Maulana, "Identifikasi Waste dengan Menggunakan Metode Value Stream Mapping pada Industri Perumahan," Jurnal JIEOM, vol. II, no. 2, pp. 12-19, 2019.

L. Laricha, Rosehan and Cynthia, "Usulan Perbaikan Kualitas dengan Penerapan Metode Six Sigma dan FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) pada Proses Produksi Roller Conveyor MBC di PT. XYZ," Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. I, no. 2, pp. 86-94, 2013.

V. Gasperz, Total Quality Management (untuk Praktisi Bisnis dan Industri), Jakarta: Penebar Swadaya, 2011.

R. I. A, "A Model for Assessment of Waste in Job Shop Environments," International Journal of Operations and Production Management, vol. 25, no. 8, pp. 800 - 822, 2005.

R. I. A, "A Model for Assessment of Waste in Job Shop Environments," International Journal of Operations and Production Management, vol. XXV, no. 8, pp. 800-822, 2005.

B. I. P. Atok Irawan, "Identifikasi Waste Kritis pada Proses Produksi Pallet Plastik Menggunakan Metode WAM (Waste Assessment Model) di PT. XYZ," Jurnal SENOPATI (Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering), vol. 3, no. 1, pp. 20-29, 2021.

D. Caesaron and Tandianto, "Penerapan Metode Six Sigma dengan Pendekatan DMAIC pada Proses Handling Painted Body BMW X3 (Studi Kasus: PT. Tjahja Sakti Motor)," Jurnal PASTI, vol. IX, no. 3, pp. 248-256, 2016.

H. T. Clara Valentina Gunawan, "Analisis Kinerja Proses dan Ideentifikasi Cacat Dominan pada Pembuatan Bag dengan Metode Statistical Process Control (Studi Kasus: Pabrik Alat Kesehatan PT. XYZ, Serang, Banten)," Jurnal Teknik Industri, vol. xi, no. 1, pp. 9-14, 2016.

P. I. Piay, H. J. Kristina and C. O. Doaly, "Pengurangan Jumlah Produk Cacat pada Produksi Glasses Box dengan Metode Lean Six Sigma," Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 9, no. 2, pp. 81-92, 2021.

R. Y. Hanif, H. S. Rukmi and S. Susanty, "Perbaikan Kualitas Produk Keraton Luxury di PT. X dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis," Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, vol. III, no. 3, pp. 137-147, 2015.

M. M. U. Dyah Rachmawati, "Aplikasi Metode Seven Tools dan Analisis 5W+1H untuk Mengurangi Produk Cacat pada PT. Berlina, Tbk.," Industrial Engineering Online Journal, vol. v, no. 4, 2016.