PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN CV. X BERDASARKAN LIMA PROSES INTI MODEL SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE (SCOR)

Main Article Content

Dadang Surjasa
Ahmad .
Elvi Irawati

Abstract

CV. X merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam industri furniture. Dalam aktivitas bisnisnya, aliran supply chain memiliki peran yang sangat penting, mulai dari pasokan bahan baku dari supplier sampai produk jadi ke konsumen. Oleh karena itu dilakukan suatu analisis untuk mengukur dan menilai sejauh mana kinerja supply chain perusahaan telah tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil kinerja supply chain sehingga dapat memberikan usulan perbaikan bagi indikator kinerja perusahaan yang masih jauh di bawah target. Pengukuran kinerja supply chain ini didasarkan pada lima proses inti pada metode SCOR. Kemudian dilakukan pembobotan menggunakan pairwise comparison untuk masing-masing proses inti, atribut kinerja dan KPI-nya serta scoring system dengan menggunakan OMAX dan analisis dengan Traffic Light System. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja supply chain perusahaan paling rendah berada pada bulan Agustus 2016 dengan nilai 3.698. Dari 17 KPI yang valid, terdapat 2 KPI kategori hijau, 7 KPI kategori kuning dan 8 KPI dengan kategori merah. Berdasarkan hasil tersebut, maka diberikan usulan perbaikan untuk 8 KPI dengan kategori merah yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja supply chain perusahaan. Sebagai contoh usulan untuk KPI RRL 1.3 (jumlah keluhan mengenai produk dari konsumen), yaitu membuat lembar keluhan yang berisikan tanggal, nama konsumen serta jenis keluhan dari konsumen.

Kata Kunci: SCM, SCOR, Pairwise Comparison, OMAX, Traffic Light System

Article Details

Section
Articles