ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH PRODUKSI PANGAN BERBASIS CONJOINT-CLUSTERING ANALYSIS DAN METODE HOSHIN KANRI

Main Article Content

Lithrone Laricha Salomon
Wilson Kosasih
Marsella Marsella

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan produk pangan dan diambil contoh kasus produksi sambal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kombinasi level atribut produk, membuat bentuk rancangan yang akan direalisasikan pada produk sesuai dengan keinginan konsumen dan juga mengetahui preferensi konsumen terhadap pelayanan, sehingga produsen dapat memperluas pasarnya di Jabodetabek. Pengolahan data dilakukan dengan metode conjoint analysis dan cluster analysis untuk membantu penentuan segmentasi pasar. Pengolahan data dengan menggunakan hoshin kanri untuk membantu mengetahui preferensi konsumen terhadap pelayanan UKM. Melalui penyebaran kuesioner diperoleh atribut yang menjadi pertimbangan antara lain tingkat kepedasan, ketahanan, banyaknya isi, harga, jenis kemasan, dan area desain stiker. Jumlah profil kombinasi dieliminasi dengan orthogonal design menggunakan fractional factorial design menjadi 16 profil kombinasi level atribut dan dianalisis sehingga terpilih kombinasi atribut dengan nilai utilitas tertinggi yaitu produk tingkat kepedasan Level 1-3, ketahanan 1-2 Minggu, banyaknya isi yaitu 100-150gr, dengan harga berkisar Rp 21.000 - Rp 25.000, Jenis kemasan yang digunakan yaitu botol plastik, dan area desain stiker yaitu stiker label menutupi kemasan. Berdasarkan segmentasi, preferensi produk dibagi menjadi 6 cluster yang digunakan untuk memudahkan dalam menentukan segmentasi pasar.  

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Lithrone Laricha Salomon, Universitas Tarumanagara

Department Teknik Industri

References

Hartuti, Nur dan R.M. Sinaga. 1997. Pengeringan Cabai. Bandung: Balai Penelitian Tanaman Sayuran Bandung.

Pertanian Indonesia. 2019. Data Pertanian Indonesia 2019 diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan Direktorat Jenderal Hortikultura di pertanian.go.id.

Hair et al., (1998), Multivariate Data Analysis, Fifth Edition, Prentice Hall, Upper Saddle River : New Jersey.

K., Randy, Kesketerson. 2015. The Basic Of Hoshin Kanri. New York: Taylor & Francis Group.

J., Nugroho, Setiadi. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenada Media Group.

Warnadi dan Aris Triyono. 2019. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Surjandari, I., 2010, Conjoint Analysis: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.

Edy Irwansyah, M. F. 2015. Advanced Clustering: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Deepublish

Widodo, dan D. Wahyuni. Implementasi Algoritma K-Means Clustering Untuk Mengetahui Bidang Skripsi Mahasiswa Multimedia Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Universitas Jakarta.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta : Kencana Prenamedia Group.

Kotler, P., 1997, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: Prenhallindo.

Jackson, Thomas L. 2006. Hoshin Kanri for the Lean Enterprise : Developing Competitive Capabilities and Managing Profit. New York : Productivity Press.

Salomon, L.L., W. Kosasih, C. O. Doaly dan Cindy. Consumer Preference Analysis of Snack Using Conjoint Analysis Method (Case Study: Telur Gabus). IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering 852 (2020) 012120, 1-8.

Salomon, L.L., Andres, dan Hilda S. D. Strategi Peningkatan Kualitas Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat dan Importance Performance Analysis Matrix (Studi Kasus: Puskesmas 24 Jam Tingkat Kecamatan Di Jakarta). Jurnal Ilmiah Teknik Industri (2018), Vol. 6 No. 2, 138 – 147.