USULAN PERBAIKAN RUTE PENDISTRIBUSIAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS BULLWHIP EFFECT, METODE NEAREST INSERT DAN NEAREST NEIGHBOR (STUDI KASUS DI PT. YNP)

Main Article Content

Iphov Kumala Sriwana
Ahmad .
Audi Fisbert Rewa

Abstract

PT.YNP sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur, dan mempunyai beberapa masalah yang terjadi di dalam perusahaan. Salah satunya terdapat pada bagian distribusi dan produksi. Setelah melakukan penelitian maka didapatkan hasil berupa tingkat bullwhip effect yang terjadi pada beberapa kota, yaitu pada kota Banjarmasin sebesar 1.0 untuk produk HK910A dan HK910B, Semarang sebesar 1.0 untuk produk BL75C dan HK910A, Surakarta sebesar 1.0 untuk produk HK910A dan HK910B, Makassar sebesar 0.9 untuk produk BL75c, HK910A dan HK910B, Bekasi sebesar 1.1 untuk produk BL75C, Bandung sebesar 1.0 untuk produk BL75C, HK910A, HK910B, Medan sebesar 1.2 untuk produk BL75C. berdasarkan penelitian didapatkan juga Rute pendistribusian yang lebih optimal dibandingkan dengan rute pendistribusian awal, yaitu Rute 1 Jakarta–Banjarmasin–Makassar–Jakarta, Rute 2 adalah Jakarta–Semarang–Surakarta–Jakarta, dan Rute 3 adalah Jakarta–Bekasi–Bandung– Medan–Jakarta.

Kata kunci: Bullwhip Effect, Matrik Penghematan, Nearest Insert, Nearest Neighbor.

Article Details

Section
Articles