PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK DESK ORGANIZER DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING DAN MODEL KANO

Main Article Content

Iwan Aang Soenandi
Marcelle Marcelle
Ronaldo Josua Ondang
Antika Ningrum Sundoro

Abstract

Era globalisasi seperti sekarang ini, situasi dan kondisi persaingan di bidang industri maupun bidang jasa semakin ketat. Setiap perusahaan bersaing ingin menjadi yang terbaik. Untuk mennambahkan nilai pada produk agar mampu bersaing di pasar.Dalam persaingan, setiap perusahaan memiliki caranya masing – masing untuk meningkatkan nilai dari produk yang ditawarkan. Salah satu cara untuk meningkatkan nilai adalah dengan inovasi produk. Ada beberapa faktor yang diinovasikan dalam sebuah produk, salah satunya adalah desain produk. Ada berbagai macam metode untuk memperbaharui sebuah desain produk. Kansei adalah salah satu metode pembaharuan desain yang berdasarkan pada emosi dan psikologi konsumen.  Pada kesempatan kali ini, produk yang akan kita lakukan inovasi terhadap desainnya adalah produk desk organizer. Kerja produktif tidak saja mengenai keterampilan kerja, namun, lingkungan kerja yang nyaman yang menunjang suatu penyelesaian dan kelancaran kerja. Untuk itu dalam mengatasi hal ketidaksengajaan menghilangkan barang di atas meja, maka Desk Organizer menjadi salah satu barang yang dapat memecahkan permasalahan ini.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Iwan Aang Soenandi, UKRIDA

Industrial Engineering Department

Marcelle Marcelle, UKRIDA

Industrial Engineering Department

Ronaldo Josua Ondang, UKRIDA

Industrial Engineering Department, UKRIDA

Antika Ningrum Sundoro, Industrial Engineering Department ,UKRIDA

Industrial Engineering Department

References

. Parimin, & Putra, M. U. M. (2018). Perekonomian Indonesia Dalam Era Globalisasi ASEAN. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 8(1), 1–12.

. Harjanti, I. S. B. dan D. (2016). Analisis Proses Inovasi Produk Pada Pt. Indoplast Makmur. Agora, 4(2), 280–285.

. Hasnatika, I. F., & Nurnida, I. (2019). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM “Duren Kamu Pasti Kembali” di Kota Serang. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 4(3), 1. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i3.1252

. Suhaeni, T. (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri Kreatif (Studi Kasus UMKM Bidang Kerajinan Tangan di Kota Bandung). Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 4(1), 57. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i1.992

. Made Tiya Yogi Suari, d. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Manajemen, Vol. 5 No. 1, 26.

. Karl T. Ulrich, a. S. (2012). Product Design and Development. New York: McGraw-Hill.

. Isa, I. G. (2018). Kansei Engineering Approach in Software Interface Design. JOURNAL OF SCIENCE INNOVARE, 23.

. Taufik Djatnaa, W. D. (2015). A system analysis and design for packaging design of powder shaped fresheners based on Kansei engineering. Procedia Manufacturing 4, 116.

. Mitsuo Nagamachi, A. M. (2011). Innovations of Kansei Engineering. New York: CRC Press Taylor & Francis Group.

. Chen, M.-C. (2020). Investigating pharmaceutical logistics service quality with refined Kano's Model. Journal of Retailing and Consumer Services, 3.

. Ma, M.-Y. (2019). Using Kano model to differentiate between future vehicle-driving services. International Journal of Industrial Ergonomics, 143.

. Zhang Shuyou, X. J. (2017). A Research Review on the Key Technologies of Intelligent Design for Customized Products. Research, 631.

. Sri, W. (2018). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA. Jurnal Warta Edisi : 57.