PENGEMBANGAN PRODUK DAN ANALISIS KELAYAKAN BISNIS PADA GANTUNGAN PAKAIAN 6 IN 1 (GAPASIX)

Main Article Content

Eka Yulianty
Aulia Fashanah Hadining

Abstract

Kebutuhan benda multifungsi dikalangan masyarakat semakin meningkat karena memiliki nilai guna yang lebih dari pada benda  konvensional yang hanya memiliki satu fungsi. Atas dasar tersebut peneliti melakukan perencanaan untuk mengembangkan gantungan pakaian biasa menjadi gantungan pakaian multifungsi dengan mempertimbangkan suara dan keinginan konsumen (voice of customer) dengan menerapkan metode Quality Function Deployment (QFD). Dan juga dilakukan juga analisis kelayakan bisnis untuk mencari nilai Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Net B/C, Dan Payback Period. Dengan langkah pertama yang dilakukan adalah menentukan segmentasi pasar dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 35 responden untuk mengetahui atribut apa saja yang diinginkan oleh konsumen dan didapatkan bahwa terdapat 8 atribut utama kepentingan yang diinginkan oleh konsumen yaitu multiguna, minimalis, praktis, warna beragam, model menarik, high quality, mudah didapatkan, dan harga terjangkau. Selanjutnya dilakukan analisis kelayakan bisnis dengan menghitung nilai variable cost (modal tetap, modal kerja, biaya overhead pabrik) dan didapatkan hasil NPV sebesar Rp15.749.386.741.922, IRR sebesar 99,62 %, Net B/C sebesar 1,20 dan payback periode 1 tahun 5 bulan.

Article Details

Section
Articles

References

B. Prasetyowibowo, Desain Produk Industri. Bandung: Yayasan Delapan Sepuluh, 1999.

S. Wignjosoebroto, Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Surabaya: Guna Widya, 2009.

R. White, Consumer Product Development, Print book. New York: Harmondsworth : Penguin Books, 1976.

P. Chisnall, Research for New Cosumer Products. European: European Reasearch, 1979.

S. D. E. Karl T. Ulrich, Product Design and Development, 2nd ed. New York: McGraw-Hill, 2000.

A. Kumar, S., & Garnaik, “A Case Study in Chair by Applying Quality Function Deployment & Analytic Hierarchy Process,” IJIRSET, pp. 1001–1007, 2016, doi: Kumar, S., & Garnaik, A. (2016). A Case Study in Chair by Applying Quality Function https://doi.org/10.15680/IJIRSET.2015.0501051.

I. Sulistiawan, H. B. Santoso, and A. Komari, “Perancangan Produk Kep Potong Rambut Dengan Mempertimbangkan Voice Of Customer Menggunakan Metode Quality Function Deployment,” JATI UNIK J. Ilm. Tek. dan Manaj. Ind., vol. 2, no. 1, p. 46, 2019, doi: 10.30737/jatiunik.v2i1.386.

Kotler, Philip, and G. Amstrong., Principles of Marketing, Edisi 15. Pearson: Global Edition, 2018.

Kasmir and Jakfar, Studi Kelayakan Bisnis, Revisi. Jakarta: Kencana, 2012.

H. Umar, Studi kelayakan bisnis : manajemen, metode dan kasus, 1st ed. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1997.

H. Ahyadi, R. Sepri, M. Ahmad, P. Studi, and T. Industri, “DISAIN PRODUK GANTUNGAN BAJU DENGAN QUALITY FUNCTION,” vol. 14, pp. 47–54, 2018.

I. W. Sudiarsa and I. G. B. Wiraditya, “Analisis Usability Pada Aplikasi Peduli Lindungi Sebagai Aplikasi Informasi Dan Tracking Covid-19 Dengan Heuristic Evaluation,” J. Inf. Technol. Comput. Sains, vol. 3, no. 2, pp. 354–364, 2020.

Andira and D. Wiratmoko, “Pengembangan Produk dan Analisis Belayakan Bisnis Alat Bantu Mencuci,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 6, no. 3, pp. 174–184, 2018.

C. Galang and G. Putra, “Perancangan Produk Furniture Rak Buku ‘ Rak Buku Multifungsi dengan Kursi dan Lampu Baca Anti Debu ( RABUMU KURANG BACA )’ Dengan Metode Quality Function Deployment ( QFD ),” vol. 11, no. 1, 2021.

D. Yanuar, “Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau dari Aspek Pasar, Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan pada UMKM Makanan Khas Bangka di Kota Pangkalpinang,” J. E-KOMBIS|, vol. II, no. 1, p. 41, 2016.

Mulhadi, Dasar-dasar hukum asuransi. Depok: PT. RAJAGRAPINDO PERSADA., 2017.

SMARTELL, “Used Vertical Plastic Injection Moulding Machine,” alibaba.com, 2021. https://www.alibaba.com/product-detail/Used-Vertical-Plastic-Injection-Moulding-Machine_62463144333.html?spm=a2700.galleryofferlist.normal_offer.d_image.e5fe7781sUQIGA (accessed Jan. 15, 2021).