FACTORS AFFECTING COMPANY VALUE WITH CSR AS A MODERATING VARIABLE IN ENERGY SECTOR COMPANIES

Main Article Content

Frans Tegas
Susanto Salim

Abstract

This study’s research targeted to determine how profitability, leverage, and liquidity affected a company’s value while using Corporate Social Responsibility as a moderating variable. The 17 energy sector companies used in this study serve as examples for the years 2021-2022. This study uses multiple linear regression analysis with the SPSS program for hypothesis testing. This study concludes that while profitability and leverage have a significant positive effect on a company’s value, liquidity does not affect that value. However, Corporate Social Responsibility disclosure can moderate the impact of leverage and profitability on a company’s value.

Article Details

Section
Articles

References

Ambarwati, J. (2021). Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(2).

Antoni, Chandra, & Susanti. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Benefita.

Anugerah, K. H. G. & Suryanawa, I. K. (2019). Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 26(3).

Bheri, M. S. W., Widagdo, S., & Rachmawati, L. (2021). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance terhadap Kinerja Perusahaan pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Keuangan, 2(2).

Brigham, E. F. & Houston, J. F. (2016). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Edisi 14. Jakarta; Salemba Empat.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jihadi, M. et aL. (2021). The Effect of Liquidity, Leverage, and Profitability on Firm Value; Empirical Evidence from Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3).

Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Medan: UMSU Press.

Mariani & Eny W. (2014). Kemampuan Good Corporate Governance dan CSR Memoderasi Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, dan Profitabilitas pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(9).

Nurhayati M. (2013). Profitabilitas, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan Sektor Non Jasa. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 5(2).

Octaviani, S. & Komalasari, D. (2017). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, dan Solvabilitas terhadap Harga Saham. Jurnal Akuntansi Kajian Ilmiah Akuntansi, 4(1).

Ogolomagai, N. (2013). Leverage Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Manufaktur yang Go Public di Indoensia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Pertiwi, S. & Chusnah, F. N. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderasi. Respository STIE Indonesia (STIEI) Jakarta

Prabowo, S. & Indriastuti, M. (2020). Pengaruh Profitabilitas Solvabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi Corporate Social Responsibility. Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu).

Rachman. M. R. & Priyadi, M. P. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 11(1).

Ratnadewi, O., & Ulupui, I. G. K. A. (2016). Mekanisme Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntasi, 14(1), 548-574.

Sofyan, M. (2019). Analysis Financial Performance of Rural Banks in Indonesia. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR). 3(3).

Suwardika, I. N. A. & Mustanda, I. K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Properti. E-Journal Manajemen Unud, 6(3).

Tumanan, N. & Ratnawati, D. (2021). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan, CSR sebagai Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 14(1).

Wulandari, N. & Wiksuana, I. (2017). Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 6(3).