THE EFFECTIVENESS OF FUNERAL RETRIBUTION PAYMENTS IN DKI JAKARTA

Main Article Content

Hendi Prihanto
Usmar Usmar
Selfiani Selfiani
Yudhistira Adwimurti

Abstract

Management of cemetery land is a problem that is currently being experienced in the DKI Jakarta area, for this reason the research aims to analyze the influence of the e-Retribution Payment System, Government Socialization, Compulsory Retribution Literacy on the Effectiveness of Retribution Payments. The research uses a quantitative approach which uses a questionnaire as a data collection technique, processing statistical data using the Smart PLS application. The research population was TPU in the South Jakarta area, with burial samples in a number of TPU, namely: Kampung Kandang, Jeruk Purut, Tanah Kusir and Menteng Pulo. The unit of analysis for this research is the community as the heirs of families buried in the area. The results of the study prove that empirically the electronic levy payment system and outreach carried out by the government have a positive and significant effect on the effectiveness of retribution payments, while levy compulsory literacy has no significant effect on the effectiveness of retribution payments.

Article Details

Section
Articles

References

Tempo.co. (2021, Juli). Lahan Pemakaman Kian Terbatas, Begini Mengurus Tumpang Kuburan di DKI Jakarta. Metro.Tempo.Co. https://metro.tempo.co/read/1482078/lahan-pemakaman-kian-terbatas-begini-mengurus-tumpang-kuburan-di-dki-jakarta

PerdaDKI. (2007). Peraturan Daerah Ibukota Jakarta Nomor 3 tahun 2007. 1, 1–476.

Rudi, A. (2016). Jika Tak Bayar Retribusi, Makam Akan Ditutup dengan Makam yang Lain. Kompas.Com. https://megapolitan.kompas.com/read/2016/06/12/10124511/jika. tak.bayar.retribusi.makam.akan.ditutup.dengan.makam.yang.lain.

Amalia, Y. (2021, March). Pemprov DKI Janji Persingkat Izin Perpanjangan Sewa Makam. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/jakarta/pemprov-dki-janji-persingkat-izin-perpanjangan-sewa-makam.html

Afifah, II (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Efektivitas Sistem Perpajakan Terhadap Kepatuhan WP Orang Pribadi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(6), 1–19.

Dewi, IGAMR, & Laksmi, KW (2019). Efektivitas E-Samsat, Pajak Progresif Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 50. https://doi.org/10.38043/jiab.v4i1.2151

Sakir, AR, Yunus, R., Samsat, KP, & Bermotor, PK (2021). Budaya Birokrasi : Kinerja Pegawai Samsat Maros Dalam Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Bureaucracy Culture : Performance of Samsat Maros Employees in Motor Vehicle Tax Payment Services. Jurnal Administrasi Negara, 27.

Susanto, AK, & Arfamaini, R. (2021). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Wajib Pajak di Kantor Bersama Samsat Surabaya Utara). Eco-Socio: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Ekonomi, 5(1), 12–33. http://194.59.165.171/index.php/ECS/article/view/619

Prihanto, H. (2018). Etika Bisnis dan Profesi: Sebuah Pencarian. Rajawali Pers.

Ramdani, D. (2019). Pengaruh Penerapan E-Registration, E-Filing Dan E-Billing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. ISEI Accounting Review, III(2), 58–66. http://jurnal. iseibandung.or.id/index.php/iar58

Rusli, YM (2019). Pengaruh Efektivitas Penerapan E-Filing Dan Modernisasi Sistem Perpajakan Indonesia Terhadap Efektivitas Pemrosesan Data Perpajakan. Jurnal Akuntansi Bisnis, 12(1), 47–63. https://doi.org/10.30813/jab.v12i1.1509

Sari, RRN (2019). Pengaruh e- Filling, E- Billing, dan E- faktur Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada KPP Pratama Kediri diseluruh aspek kehidupan rakyat. JURNAL EKUIVALENSI, 5(1).

Widjaja, H., & Siagian, AJSJ (2017). Analisis Penerapan E-System Perpajakan Pada Wajib Pajak Pribadi Terhadap Pelaksanaan Self-Assesment System Dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan. Jurnal Ekonomi, 22(3), 440–447. https://doi.org/10.24912/je. v22i3.279

Pebrina, R., & Hidayatulloh, A. (2020). Pengaruh Penerapan E-Spt, Pemahaman Peraturan Perpajakan, Sanksi Perpajakan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 1–8. https://doi.org/10.31849/ jieb.v17i1.2563

Mandasari, Y., & Risa, N. (2013). Pengaruh Pengetahuan Dan Sosialisasi Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Efektivitas Pemanfaatan Teknologi Informasi Perpajakan Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi. JRAK, 2, 64–83.

Munazaim, AF, Utomo, SW, & Wihartanti, LV (2019). Pengaruh Kelayakan Sistem, Pemahaman Iptek, Sosialisasi Perpajakan Terhadap Efektivitas Penggunaan E-Filing Di Kpp Pratama Madiun. FIPA (Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi), 7(2), 318–331. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/FIPA/article/view/968/1399

Theis, BCM, Sabijono, H., & Wangkar, A. (2021). Evaluasi Pengaruh Sistem E-Filing Dan E-Billing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Luwuk Banggai. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, Dan Hukum), 5(1), 184–193.

Wardani, DK, & Wati, E. (2018). PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kebumen). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19358

Noreen, CA, & Kristanto, AB (2021). Kepatuhan di Tengah Kompleksitas Pajak: Apakah Literasi Memiliki Peran? Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 8(02), 35–46. https://doi.org/10.35838/jrap.2021.008.02.14

Ratno. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Literasi Teknologi Terhadap Minat Penggunaan Surat Pemberitahuan Tahunan Elektronik Dalam Pelaporan Pajak (Di Yogyakarta). Jurnal Statistika Industri Dan Komputasi, 4(1), 32–32.

Yuliati, NN, & Fauzi, AK (2020). Literasi Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan Dan Kepatuhan

Steers, R. (2008). Efektivitas Organisasi, diterjemahkan Magdalena Jamin. Erlangga.

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior, Organizational Behavior and Human Decision Process. 50, 179–211.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research, Reading (Addison-Wesley (ed.)).

Jaccard, J., Dodge, T., & Dittus, P. (2002). Parent-adolescent communication about sex and birth control: a conceptual framework. New Directions for Child and Adolescent Development, 97, 9–42. https://doi.org/10.1002/cd.48

Bashir, I., & Madhavaiah, C. (2015). Consumer attitude and behavioural intention towards Internet banking adoption in India. Journal of Indian Business Research, 7(1), 67–102. https://doi.org/10.1108/JIBR-02-2014-0013

Porter, ME (2008). Competitive Advantage (Keunggulan Bersaing): Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Kharisma Publishing.

Abbad, MM (2013). E-banking in Jordan. Behavior and Information Technology, 32(7), 618–694.

Guriting, P., & Ndubisi, NO (2006). Borneo online banking: evaluating consumer perceptionsand behavioral intentions. Management Research News, 29(1/2), 6–15.

Kesharwani, A., & Bisht, SS (2012). The impact of trust and perceived risk on Internet bankingadoption in India: an extension of technology acceptance model. International Journal of Bank Marketing, 30(4), pp. 303-322.

Venkatesh, V., Thong, JYL, & Xu, X. (2012). Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. MIS Quarter, 36(1), 157–178.

Farooq, MS, Salam, M., Jaafar, N., Fayolle, A., Ayupp, K., Radovic-Markovic, M., & Sajid, A. (2017). IAcceptance and use of lecture capture system (LCS) in executive business studies: extending UTAUT2. Interactive Technology and Smart Education.

Ndraha, T. (2011). Kybernologi Ilmu Pemerintahan Baru. Rineka Cipta.

Halbouni, SS, Obeid, N., & Garbou, A. (2016). Corporate governance and information technology in fraud prevention and detection. Managerial Auditing Journal, 31(6/7), pp.589-628. https://doi.org/10.1108/MAJ-02-2015-1163

Davis, FD (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. Management Information Systems Research Center, University of Minnesota, 13(3), 319–340.

Nwankpa, J., & Building, G. (2016). IT Capability and Digital Transformation: A Firm Performance Perspective. Proceedings of Thirty Seventh International Conference on Information Systems, Dublin, Ireland, 1–16.

Setyowidodo, M., & Fidiana, F. (2021). Pengaruh sistem elektronik pendaftaran, pelaporan, pembayaran, dan pemotongan terhadap kepatuhan wajib pajak. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(5), 1–18. www.kemenkeu.go.id

Sudrajat, A., & Ompusunggu, AP (2015). Pemanfaatan teknologi Informasi, Sosialisasi Pajak, Pengetahuan Perpajakan, dan Kepatuhan Pajak. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 2(02), 193–202. https://doi.org/10.35838/jrap.v2i02.110

Nurchamid, M., & Sutjahyani, D. (2018). Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing, E-Billing Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Tegalsari. JEA17: Jurnal Ekonomi Akuntansi, 3(02), 41–54. https://doi.org/10.30996/jea17.v3i02.3184

Rustanto, AE, & Kartini, I. (2019). Efektivitas Pembayaran Non Tunai Pada Umkm Daerah Aliran Sungai Citarum. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 1. https://doi.org/10.34127/ jrlab.v8i2.302

Boediono, GT, Sitawati, R., & Harjanto, S. (2019). Analisis Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kesadaran Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 22–37. https://doi.org/10.33633/ jpeb.v3i1.2286

Juliantari, NKA, Sudiartana, IM, & Dicriyani, NLGM (2021). Pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, kewajiban moral, sanksi pajak, dan sosialisasi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor di kantor samsat gianyar. Jurnal Kharisma, 3(1), 128–139.

Puspita, E. (2016). Jurnal Akuntansi & Ekonomi FE. UN PGRI Kediri, 1(1), pp. 1–8.

Mahadianto, MY, & Astuti, AD (2017). Previllage Tax Payer, Sosialisasi Pajak Dan Kepercayaan Pada Otoritas Pajak Terhadap Kepatuhan. Jurnal Kajian Akuntansi, 1(1), 77–86. https://doi.org/10.33603/jka.v1i1.525

Nopiana, PR, & Natalia, EY (2018). Analisis Sosialisasi Pajak Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepatuhan Pelaporan Spt Wajib Pajak Di Kepulauan Riau. Jurnal Benefita, 3(2), 277. https://doi.org/10.22216/jbe.v3i2.3498

Mianti, YF, & Budiwitjaksono, GS (2021). Pengaruh Pengetahuan dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dimediasi Kesadaran Wajib Pajak. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 11(2), 349–359. https://scholar.google. com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Pengaruh+Pengetahuan+dan+Sanksi+Perpajakan+terhadap+Kepatuhan+Wajib+Pajak+Orang+Pribadi+Dimediasi+Kesadaran+Wajib+Pajak&btnG=

Prihanto, H., & Damayanti, P. (2020). Disclosure Information on Indonesian UMKM Taxes. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 8(3), 447–454. https://doi.org/10.17509/ jrak.v8i3.26707

Susilawati, N., Indriani, I., Riana, V., & Abyan, D. (2021). Tingkat Literasi Pajak Penghasilan Orang Pribadi Dan Determinannya (Studi Di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Dan Bekasi). Sebatik, 25(1), 286–295. https://doi.org/10.46984/sebatik. v25i1.1288

Toding, DGS, & Iqbal, S. (2021). E-Billing, E-Filling, dan Kepatuhan Wajib Pajak Gagap Teknologi di Tana Toraja. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika, 17(3), 280–297.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip.

Pavlou, PA (2003). Consumer acceptance of electronic commerce: Integrating trust and risk with the technology acceptance model. International Journal of Electronic Commerce, 7(3), 101–134. https://doi.org/10.1080/10864415.2003.11044275

Widodo, W. (2010). Moralitas, Budaya dan Kepatuhan Pajak. Alfabet.