Pengembangan Sistem Peer-Evaluation Pada Edufi Learning Management System Berbasis Raspberry Pi

Main Article Content

Haris Haris
Muhaimin Hasanudin
Wahyu Hidayat

Abstract

Pada era industri 4.0 dibutuhkan lulusan perguruan tinggi yang dapat bekerja dengan kemampuan berpikir kritis dan terbiasa berkolaborasi dalam kelompok kerja. Sehingga dibutuhkan sistem pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa. Penerapan peer-evaluation pada model pembelajaran Collaborative Learning dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan membentuk lulusan yang dapat berpikir kritis. Implementasi sistem Learning Management System pada umumnya menggunakan koneksi internet dalam proses pembelajaran, namun pada daerah tertentu di Indonesia masih ada lingkungan kampus yang belum bagus koneksi internetnya. Oleh karena itu dibutuhkan sistem Learning Management System yang dapat diterapkan pada mini komputer yang dapat diimplementasikan sebagai server sekaligus wifi hotspot. Edufi LMS berbasis Raspberry Pi dapat diimplementasikan untuk pembelajaran dengan sistem peer-evaluation pada model Collaborative Learning.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Haris Haris, AMIK Raharja

Teknik Informatika

References

Wahyuningsih Dian, dkk. E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung. Penerbit Informatika. 2017.

Sani Mukhyar. Dampak Internet terhadap Perilaku Generasi Muda Islam. Alhadharah Jurnal Ilmu Dakwah. 2016. Vol. 15 No. 29: 1-13.

Dawood Rahmad, dkk. Kelayakan Raspberry Pi sebagai Web Server:Perbandingan Kinerja Nginx, Apache, dan Lighttpd pada Platform Raspberry Pi. Jurnal Rekayasa Elektrika. 2014; Vol. 11, No. 1: 25-29.

Panuntun Rizal, dkk. Perancangan Papan Informasi Digital Berbasis Web pada Raspberry Pi. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. 2015; Vol.3, No.2: 192-197.

Pressman, Roger, S., 2001, Software Engineering: A Practitioner’s Approach,Fifth Ed. New York,McGraw-Hill Book Company.

Rakhman Edi, dkk.. Raspberry Pi – Komputer Mungil yang Serba Bisa. Yogyakarta, Penerbit Andi. 2014.

Dinata Andi. Physical Computing dengan Raspberry Pi. Jakarta. Penerbit Elex Media Komputindo. 2017.

Ellis, K. Ryann. 2009. A Field Guide to Learning Management System. American Society For Training and Development (ASTD).