SISTEM INFORMASI PELAYANAN DAN KEGIATAN MISDINAR BERBASIS WEB PADA GEREJA ST. PASKALIS

Main Article Content

Prisca Bebby Triola Angela Mulyono
Wasino Wasino
Manatap Dolok Lauro

Abstract

Perkembangan teknologi dan sistem informasi di era digital telah tersebar di berbagai bidang, penggunaanya juga dapat mempengaruhi dan mendukung management kegiatan dari sebuah organisasi seperti dalam organisasi pelayanan altar atau misdinar yang bergerak dalam bidang liturgi pada gereja. Tujuan pembuatan Sistem Informasi berbasis web ini untuk membantu pengurus misdinar pada Gereja St. Paskalis dalam mengelola data dan menyampaikan informasi terbaru kepada seluruh anggota terkait dengan kegiatan misdinar menjadi lebih efisien. Pada sistem ini terdapat fitur untuk kelola data seperti data anggota misdinar, pendaftaran anggota baru, jadwal tugas pelayanan, absensi petugas, event, artikel, pengumuman dan layanan dokumen yang dapat digunakan untuk pengumpulan atau pengambilan formulir kegiatan, dan fitur pengaturan profil untuk anggota melakukan perubahan data diri secara langsung. Metode pembuatan sistem ini menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle), model waterfall dan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigniter dan MySQL untuk pengolahan basis data. Hasil perancangan dan pembuatan sistem informasi berbasis web ini memberikan wadah untuk penyampaian informasi terkait kegiatan pada misdinar menjadi lebih baik.

Article Details

Section
Articles

References

Daely, Leonardus, dkk, 2012, Buku Pegangan Misdinar, Obor, Jakarta.

Konsili Vatikan II, 1993, Second Vatican Council (Dokumen Konsili Vatikan II), diterjemahkan oleh: R. Hardawiryana, Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI, Jakarta.

Sulistiyo, R. J., & Budiarto, P. S. S., 2015, Pembinaan Iman Dalam Pelayanan Misdinar Di Paroki Santo Cornelius Madiun, JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 14(7), 76-87.

Wanda G. F., Teleumbanua, F., & Era, G. V., 2017, Pola Pemahaman Misdinar Tentang Tugas Dan Fungsinya Dalam Perayaan Ekaristi, Jurnal Kateketik Pastoral Vol.1, No.2.

Purba, A. O. K., et al., 2019, Design and Implementation of Web-based Church Information Systems (Case Study: HKBP Kebon Jeruk), Proc. EECSI. 18- 20 Sept. 2019. Bandung: Indonesia

Pressman, R.S., 2015, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I, Andi, Yogyakarta.

Pawan, E., Thamrin, R. H., Hasan, P., Bei, S. H., & Matu, P., 2021, Using Waterfall Method to Design Information System of SPMI STIMIK Sepuluh Nopember Jayapura, International Journal of Computer and Information System (IJCIS), 2(2), hal. 34-39.

Dhindsa, K. S., & Aggarwal, H., 2011, Modelling & Designing Land Record Information System Using Unified Modelling Language, (IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications, No. 2, Vol.2, February.

Setiyani, L., 2021, Desain Sistem: Use Case Diagram. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK), No. 1, Vol. 1, pp. 246-260.

Weilbach, L., Hattingh, M., & Pillay, K., 2021, Using Design Patterns to Teach Conceptual Entity Relationship (ER) Data Modelling, In International Conference on Innovative Technologies and Learning (pp. 228-238). Springer, Cham.