PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KERJA PRAKTIK BERBASIS ANDROID UNTUK MAHASISWA DAN DOSEN

Main Article Content

Viny Christanti M
Bagus Mulyawan

Abstract

Pada saat ini pengelolaan kerja praktik di FTI sudah dilakukan secara komputerisasi berbasis web. Mahasiswa sudah dapat melakukan pendaftaran dan pengisian data KP secara online. Dosen dapat mengisi nilai secara online pada saat sidang. Koordinator KP dapat memantau dan mengawasi proses pelaksaaan KP secara langsung. Namun masih terdapat kendala pada saat sidang KP, dimana dosen kesulitan pada saat harus menginputkan nilai melalui web. Tidak semua dosen membawa laptop ke ruang sidang, sedangkan pengisian nilai melalui browser disamrtphone masih sulit dilakukan karena tampilannya yang kecil. Oleh karena itu, terdapat beberapa permintaan untuk membuat sistem berbasis mobile agar tidak perlu membawa laptop ke ruang sidang. Dalam pengabdian ini, tim PKM akan memberikan kontribusi mengembangkan aplikasi sistem informasi kerja praktik berbasis android dan pelatihan penggunaan aplikasi SIKP FTI tersebut. Aplikasi dibuat dalam bentuk mobile dengan menggunakan android agar dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa. Dosen dapat menginputkan secara langsung nilai sidang pada saat sidang dengan menggunakan smartphone masing-masing dan langsung menandatanganinya. Dosen pun dapat menginputkan catatan atau komentar yang harus dilakukan mahasiswa untuk perbaikan hasil sidang. Mahasiswa pun dapat melihat catatan sidang, jadwal sidang dan data KP melalui smartphone masing-masing.

Article Details

How to Cite
Christanti M, V., & Mulyawan, B. (2020). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KERJA PRAKTIK BERBASIS ANDROID UNTUK MAHASISWA DAN DOSEN. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7257
Section
Articles

References

Kenneth E. Kendall and Julie E. Kendall, Systems Analysis and Design, 8th Edition, Upper Saddle River: Prentice Hall, 2006.

SPMI Kerja Praktik FTI Untar, 2017

Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara, Pedoman Pelaksanaan Dan Pembuatan Laporan Kerja Praktik, (Jakarta: FTI Universitas Tarumanagara, 2011)

Mawardi, Viny C., M., Bagus. dan H., Lely. Pembuatan dan Pelatihan Sistem Informasi Kerja Praktik Berbasis Web. Laporan PKM 2017. DPPM Untar.