PERAN KOMUNIKASI KESEHATAN DALAM PELAYANAN RUMAH SAKIT MELALUI “HEALTH PUBLIC RELATIONS”

Main Article Content

Sinta Paramita
Lusia Savitri Setyo Utami
Wulan Purnama Sari

Abstract

Pelayanan kesehatan di Rumah Sakit dalam melayani masyarakat masih menjadi persoalan yang serius di Indonesia. Kasus-kasus baru terkait pelayanan rumah sakit mulai bermunculan di media massa. Rumah sakit yang terkena isu atau kasus terkait pelayanan tersebut dapat merusak reputasi dari rumah sakit di mata masyarakat. Masyarakat menjadi tidak percaya dan enggan untuk mendapatkan pelayanan di rumah sakit tersebut. Peran Health Public Relations menjadi sangat penting untuk membangun kembali citra dan reputasi. Oleh sebab itu Tim PKM Fikom Untar berupaya membantu rumah sakit dalam membangun reputasi rumah sakit sebagai sebuah institusi kesehatan melalui penyuluhan kepada Public Relations di rumah sakit. Tim PKM Fikom Untar kemudian melakukan seminar dan penyuluhan dengan tema “Peran Komunikasi Kesehatan Dalam Pelayanan Rumah Sakit Melalui Health Public Relations”, yang dilakukan di kabupaten Pringsewu, Lampung. Hasil dari kegiatan PKM ini, adalah bertambahnya pengetahuan dan kesadaran para petugas pelayanan kesehatan di kabupaten Pringsewu, Lampung akan pentingnya fungsi public relations dalam manajemen pelayanan kesehatan, tidak hanya di rumah sakit, namun juga di puskesmas ataupun klinik kesehatan. Selain itu, Tim PKM Fikom Untar juga mendapatkan tawaran untuk menjalin kerjasama dengan kabupaten Pringsewu, Lampung di kegiatan PKM yang lain, ataupun kegiatan penelitian

Article Details

How to Cite
Paramita, S., Setyo Utami, L. S., & Sari, W. P. (2020). PERAN KOMUNIKASI KESEHATAN DALAM PELAYANAN RUMAH SAKIT MELALUI “HEALTH PUBLIC RELATIONS”. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7256
Section
Articles

References

Adhrianti, L. (2018). Infografis Penguatan Reputasi Kehumasan Pemerintah melalui Narasi Tunggal Sosialisasi Paket Kebijakan Ekonomi. Jurnal ASPIKOM, 3(5), 1015-1031. doi:http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v3i5.273

Ardianto, Elvinaro (2009). Metodologi Penelitian

untuk Public Relations.

Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Cutlip, M. Scott, Allen H. Center , & Glen M. Broom. (2011). Effective Public Relations Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Endrawati, Endah. (2015). Penerapan Komunikasi Kesehatan Untuk Pencegahan Penyakit Leptospirosis Pada Masyarakat Desa Sumberagung, Kecamatan Moyudan, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Komunikasi. Vol 7, No:1 (2015), hal 1-25. Diakses di:

http://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/4/25

Schiavo, Renata. (2007). Health Communication: from Theory to Practice. US: Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Prastya, N. (2017). Problem Struktural dalam Praktek Peran Manajerial Public Relations: Kasus Indonesia. Jurnal Komunikasi, 8(2), 107-119. doi:http://dx.doi.org/10.24912/jk.v8i2.62

Tamburian, HH. Daniel. (2015). Interpretasi Tagar #Savehajilulung Di Kalangan Netizen Pengguna Twitter. Jurnal Komunikasi Vol 7, No:1 (2015), hal 81-97. Diakses di:

http://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/9/30

Kholisoh, Nur dan Yenita. (2015). Strategi Komunikasi Public Relations dan Citra Positif Organisasi (Kasus Public Relations Rumah Sakit “X” di Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 13, No:3 (2015), hal 196-209. Diakses di:

http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/viewFile/1459/1333

Wahid, Umaimah dan Anggun Eka Puspita. (2017). Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations. Jurnal Komunikasi. Vol 9, No:1 Juli (2017), hal 31-34. Diakses di:

http://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/265/641

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>