RE-DESAIN KANTOR SEKRETARIAT DAN RUANG PUBLIK RW.08, KELURAHAN TOMANG, KECAMATAN GROGOL PETAMBURAN, JAKARTA BARAT

Nafiah Solikhah, Yunita Ardianti S, Sintia Dewi W.
| Abstract views: 37 | views: 27

Abstract

Sebagai salah satu fasilitas umum pemerintahan, Kantor RW memiliki peranan yang cukup signifikan dalam mewadahi aktivitas sosial masyarakat. Berdasarkan hasil tinjauan lapangan, kantor sekretariat RW.08 Kelurahan Tomang, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat yang berada di dekat kampus 1 UNTAR memiliki peranan untuk mewadahi beragam kegiatan, antara lain: kegiatan Karang Taruna, Posyandu, Pospindu, Sekretariat Jumantik. Sedangkan Ruang Publik yang berada dalam satu tapak dengan kantor sekretariat RW.08 saat ini masih kurang terawat dan tidak terencana dengan baik. Berdasarkan permasalahan mitra, maka solusi yang Tim ajukan adalah kegiatan PKM untuk Re-Desain Kantor Sekretariat dan Ruang Publik RW.08, Kelurahan Tomang, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Pelaksanaan kegiatan PKM menggunakan metode partisipasi mitra. Adapun tahapan pelaksanaan yaitu: Perencanaan Desain, Konsep Desain dan Desain. Konsep Desain yang diusulkan adalah: Usulan Desain Kantor Sekretariat RW yang Mencerminkan Karakter Arsitektur Betawi, pengadaan Taman Refleksi dan Relaksasi, pewadahan aktivitas Bank Sampah, usulan Taman Taman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Vertikultur. Kantor sekretariat RW sebaiknya mampu menjadi fasilitas penunjang yang berfungsi untuk menyelenggarakan dan mengembangkan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya, dan memperkuat karakter wajah kota Jakarta serta menyediakan fasilitas yang memadai dan layak secara fungsional dan estetika. Dalam melakukan re-desain kantor publik, harus mengacu pada standar (SNI, Perda, dll) serta harus ada diskusi aktif dengan mitra.

Keywords

Re-Desain; Ruang Publik; Kantor Sekretariat RW

Full Text:

PDF

References

Carmona, et al. (2003). Public places – urban spaces, the dimension of urban design. Architectural press.

Carmona, et al. (2008). Public space: the management dimension. Routledge, Taylor&Francis group. New York, USA.

Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah 2030

Pujiastuti, E. (2017). 29 Teknik Urban Farming. Jakarta: Trubus Swadaya

Sasmito, E. (2017). Imunomodulator Bahan Alami. Yogyakarta: Rapha Publishing

Sauter dan Huettenmoser. (2008). Liveable street and social inclusion. Urban design international, volume 13, 67-70. www.palgrave-journals.co.uk/udi.

Solikhah, N., et al. (2018). Re-Desain Kantor Sekretariat dan Ruang Publik RW.08, Kelurahan Tomang, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Laporan Akhir Program Kegiatan PkM, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Zhang dan Lawson. (2009). Meeting and greeting: activities in public outdoor spaces outside highdensity urban residential communities. Urban design international (2009), volume 14, 4, 207-214.

https://posyantekgropet2.wordpress.com/2015/04/16/bank-sampah-tobar-tomang-berkah/

______, 2016, 40 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya. https://www.pplhpuntondo.or.id/wp-content/uploads/2017/11/40-Jenis-Tanaman-Obat-Keluarga-Dan-Manfaatnya-1.docx. September 3, 2016 (diakses 30 Juni 2018)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.