KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI BAGI COMMUNITY DEVELOPMENT COMMITTEE DI WILAYAH CAKUNG - JAKARTA

Main Article Content

Christine Winstinindah Sandroto

Abstract

Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI) masih dalam proses berkembang dan perlu membenahi kepemimpinan dan manajemennya. Dalam proses training needs analysis untuk mengetahui pelatihan apa yang dibutuhkan, ternyata dibutuhkan pelatihan kepemimpinan dan komunikasi bagi Community Development Project (CDP) Community Development Committee di wilayah Cakung  Jakarta Timur. Pelatihan ini dirasa penting agar bagi CDP Community Development Committee di wilayah Cakung dapat lebih efektif menjangkau masyarakat yang menjadi dampingan dan binaannya.  Khalayak sasaran adalah  masyarakat binaan GNI  di Cakung, Kelompok Pemuda /termasuk relawan GNI, dan  Staf CDP).  Selama berlangsungnya kegiatan,  pelatihan dan pengembangan ini mendapatkan respon yang positif. Khalayak sasaran  aktif terlibat dalam diskusi dan tanya jawab. Juga setelah kegiatan proses pendampingan dan edukasi terhadap komunitas di Cakung yang dilakukan oleh  CDC & Kelompok orangtua KENARI di Cakung, Kelompok Pemuda/termasuk relawan GNI, dan  Staf CDP menjadi lebih efektif dan komunikasi berjalan lebih baik. Ke depannya pengembangan masyarakat Cakung akan terus dilakukan. Evaluasi kegiatan akan dilaksanakan tidak hanya laporan kegiatan, namun juga dilakukan laporan naratif, monitoring dan evaluasi terhadap pelatihan dan pengembangan, juga pendampingan (Pemantauan dan evaluasi lapangan akan dilaksanakan untuk mengumpulkan data, dokumen, informasi (kualitatif & kuantitatif) terkait dengan pengelolaan resiko atas kegiatan), dan cross-learning.

Article Details

How to Cite
Sandroto, C. W. (2020). KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI BAGI COMMUNITY DEVELOPMENT COMMITTEE DI WILAYAH CAKUNG - JAKARTA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7253
Section
Articles

References

Achua, Christopher F., and Lussier, Robert N (2013). Effective Leadership, 5th ed, Cengage Learning.

Daft, Richard L (2015). The Leadership Experience, 6th ed., Cengage Learning.

Dessler,Gary (2017). Human Resource Management, 15th ed, Pearson Education

Gugah Nurani Indonesia, (2017), Project Proposal: Training for Batavia CDP Community Development Committee by FE Universitas Atma Jaya, GNI-Jakarta

Lacerenza, Christina N., Reyes, Denise L., Marlow, Shannon L., Joseph, Dana L., and Salas, Eduardo. (2017). Leadership Training Design, Delivery, and Implementation: A Meta-Analysis. Journal of Applied Psychology, 102 (12), 1686-1718.

Moorhead, Gregory., and Griffin, Ricky W (2012). Managing Organizational Behavior, 10th ed., Cengage Learning.

Noe, Raymond A (2010). Employee Training and Development, 5th ed, McGraw- Hill International Ed.

Pieper, Angelique Bakker., and de Vries, Reinout E. (2013). The Incremental Validity of Communication Styles Over Personality Traits for Leader Outcomes. Journal of Human Performance, 26, 1-19.

Robbins, Stephen.P., & Judge, Timothy A (2017). Organizational Behavior, 17th ed, Pearson International Edition.

Snell, Scott., and Bohlander, George. (2013). Principles of Human Resource Management. 16th edition. Cengage Learning-South Western.