IMPLEMENTASI PENGENDALIAN DAN PELAPORAN KAS YAYASAN KASIH MANDIRI BERSINAR

Main Article Content

Henny Henny
Margarita Ekadjaja

Abstract

Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah pelatihan implementasi pengendalian dan pelaporan kas Yayasan Kasih Mandiri Bersinar.  Hal ini diharapkan agar mereka dapat meningkatkan pemahaman tentang pengendalian dan pelaporan kas yang merupakan tahap lanjutan dari penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa yang telah mereka pelajari sebelumnya pada semester lalu. Target khusus dalam kegiatan ini adalah anak-anak jalanan yang sedang belajar di SMA/SMK dan dibina oleh Yayasan Kasih Mandiri Bersinar sehingga dapat melatih kemampuannya di mata pelajaran akuntansi terutama tentang pengendalian dan pelaporan kas, sehingga sukses dalam pendidikan di sekolah dan pada saat bekerja di perusahaan.  Pencapaian target ini dapat dilakukan dengan cara memberikan kiat-kiat untuk solusi permasalahan mereka dalam memahami pengendalian dan pelaporan kas. Metode yang dipakai dalam kegiatan ini adalah metode penjelasan materi pengendalian dan pelaporan kas, serta simulasi atau praktek dalam memahami pengendalian dan pelaporan kas tersebut.  Pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan baik dimana para peserta aktif bertanya kepada tim pelaksana dan mampu mengerjakan latihan soal yang diberikan.

Article Details

How to Cite
Henny, H., & Ekadjaja, M. (2020). IMPLEMENTASI PENGENDALIAN DAN PELAPORAN KAS YAYASAN KASIH MANDIRI BERSINAR. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7244
Section
Articles

References

Ardana, I. C. & Lukman, L. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Dewi, S. P., Sugiarto, E. & Susanti, M. (2017). Pengantar Akuntansi Sekilas Pandang Perbandingan dengan SAK yang mengadopsi IFRS, SAK ETAP, dan SAK EMKM. In Media, Bogor.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Efektif Per 1 Januari 2017. Jakarta.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Setiawan, T. (2013). Mahir Akuntansi: Buku Pengantar Akuntansi Untuk SMA dan Universitas. Edisi Revisi. PT Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.

Weygand, J. J., Kimmel, P.D. & Kieso, D.E. (2015). Financial Accounting IFRS Edition. Third Edition. John Wiley & Sons Inc, US America.

Weygand, J. J., Kimmel, P.D. & Kieso, D.E. (2016). Accounting Principles. Twelfth Edition. John Wiley & Sons (Asia) Pte Ltd, Asia.

Yuniarwati, Santioso, L., Ekadjaja, A. & Rasyid, R. (2017). Pengantar Akuntansi 1 Belajar Mudah Akuntansi. PT Pustaka Mandiri, Tangerang.

Most read articles by the same author(s)