MENGEMBANGKAN MUTU DAN PENDAMPINGAN INOVASI PRODUK DODOL DI JASINGA TENJO JAWA BARAT

Nur Hidayah, Rodhiah Rodhiah
| Abstract views: 69 | views: 85

Abstract

Kegiatan PKM bertujuan untuk meningkatkan mutu yang dihasilkan dan melakukan inovasi atas produk dodol yang terdapat di Jasinga Tenjo Jawa Barat. Alasan pemilihan kegiatan ini didasarkan pada observasi awal pada mitra pemilik usaha dodol yang memiliki keterbatasan dalam mengembangkan usaha dodol. Padahal dodol merupakan makanan khas yang perlu terus dilestarikan. Disamping itu ciri khas daerah ini banyak pengrajin dodol, namun kurang diketahui keberadaannya, selain itu kurang dikenal oleh masyarakat luar daerah Tenjo. Metode yang digunakan berupa forum discusion group dengan pemilik usaha sebagai mitra kegiatan PKM, melakukan pelatihan manajemen mutu/kualitas produk yang dihasilkan , FGD menyusun desain inovasi produk yang sebaiknya dilakukan guna meningkatkan daya saing produk yang dijual. Selanjutnya melakukan pendampingan pengadaan produk yang lebih inovatif dan memiliki kreasi yang lebih beragam. Target yang diharapkan mencapai luaran, yaitu: 1). Model pengenalan manajemen mutu atas produk mitra. 2). Inovasi produk baik dalam bentuk ukuran, kemasan dan rasa. Berdasarkan output tesebut diharapkan mampu merubah cara pikir, kesadaran dan pemahaman pemilik usaha tentang pentingnya manajemen mutu dan inovasi produk yang lebih kreatif. Dengan demikian akan meningkatkan kualitas dan variasi produk yang lebih beragam. Sehingga diharapkan pendapatan pemilik usaha akan lebih meningkat, dan usaha menjadi lebih berkembang.

Keywords

Bentuk; Inovasi rasa; Kemasan; Manajemen mutu; UKM Dodol.

Full Text:

PDF

References

Adair, J. (1996). Effective Innovation: How to Stay Ahead of the Competition. London: Pan Books Ltd.

Bagas Prakoso. 2005. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, dan Orientasi Pembelajaran mempengaruhi Kinerja Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi Vol.2 No.1 www.eprints.undip.ac.id/15063 diakses pada tanggal 20 April 2015 pukul 00.15 WIB

De Jong, J. (2007). Dissertation: Individual innovation : the connection between leadership and employee’s innovative work behavior. Faculty of Economics and Business. University of Amsterdam.

Hadiyati, Ernani. 2010. “Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengarunya terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Lawang)”. Jurnal Manajemen. Vol. 2, Nomor 2, Juli – Desember 2010. Universitas Gajayana. Malang.

Hermana, Budi. 2006. Mendorong Daya Saing Di Era Informasi Dan Globalisasi: Pemanfaatan Modal Intelektual dan Teknologi Informasi Sebagai Basis Inovasi DiPerusahaan. Universitas Gunadharma.

Larsen, P. & A. Lewis. 2007. “How Award Winning SMEs Manage The Barriers to Innovation”, Journal Creativity and Innovation Management, page: 141-151

Nasution. M.N. 2004. Manajemen Mutu Terpadu. Cetakan Ketiga. Galia Indonesia.

Thomas W Zimmerer, Norman M Scarborough, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba empat, 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.