PENGEMBANGAN DAN UJI COBA ALAT PRAKTIKUM DIGITAL INOVATIF BERBASIS SMARTPHONE

Main Article Content

Siti Wahyuni
Wahyu
Teguh
Sulhadi
Isa

Abstract

Adanya tuntutan pelibatan teknologi dalam proses pembelajaran menjadi tantangan yang harus dihadapi guru. Penyelidikan ilmiah dalam pembelajaran fisika menjadi sangat penting, namun sayangnya tidak semua sekolah memiliki fasilitas laboratorium yang memadai. Agar pembelajaran tetap terlaksana dengan baik, keadaan tersebut memaksa guru untuk aktif dan kreatif menciptakan praktikum yang inovatif dengan sumber daya yang ada. Keadaan ini dapat diatasi dengan praktikum digital, yang salah satunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan smartphone masing-masing peserta didik. Praktikum fisika dengan smartphone dapat menjadi inovasi praktikum digital karena guru dapat merancang sendiri jenis percobaannya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan metode Community Based Participatory Research (CBPR) pada MGMP Fisika SMA/MA Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Kegiatan berupa pelatihan terkait pengenalan set alat praktikum digital, membaca data, mengolah, memvisualisasikan dalam grafik, dan menginterpretasikannya. Aplikasi digital yang digunakan adalah Arduino Science Journal yang dapat dioperasikan dengan memanfaatkan sensor yang telah tersedia pada smartphone android. Alat praktikum yang dihasilkan berupa satu set alat papan luncur yang dapat divariasikan sudut kemiringannya, dilengkapi dengan alat peluncur berupa mobil mainan yang dimodifikasi dengan holder HP. Alat ini dapat digunakan untuk mengukur percepatan, kemudian data digital dapat diolah ke dalam besaran fisis lain, seperti kecepatan dan posisi setiap saat. Pada akhir kegiatan, set alat praktikum disumbangkan kepada MGMP sebagai percontohan agar dapat diadopsi oleh pihak sekolah untuk memenuhi kebutuhan fasilitas laboratorium.

Article Details

How to Cite
Wahyuni, S. ., Hardyanto, W., Darsono, T., Sulhadi, & Akhlis, I. (2025). PENGEMBANGAN DAN UJI COBA ALAT PRAKTIKUM DIGITAL INOVATIF BERBASIS SMARTPHONE. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 8(2), 437–444. https://doi.org/10.24912/jbmi.v8i2.35280
Section
Articles

References

Fitri, A. (2022). Laboratorium Virtual dengan Aplikasi PhET untuk Memperkuat Penguasaan Konsep Listrik Dinamis Siswa pada Pembelajaran Online. JEP (Jurnal Eksakta Pendidikan) 6(1): 52-60 . https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss1/624

Ariyansah, D., Hakim L., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan e-LKPD Praktikum Fisika pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Berbantuan Aplikasi Phyphox untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 12(2): 173-181. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.9052

Bangun, F.B., Sakdiah, H., Widya, Safriana & Ayunda, D.S. (2024). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edu Research 5(2): 187-192. https://iicls.org/index.php/jer/article/view/192

Hardyanto, W., Wahyuni, S., Darsono, T., Sulhadi, & Akhlis, I. (2024). Pengenalan Praktikum Digital Inovatif Fisika dengan Arduino Science Journal. Jurnal Bakti Kita 6(1): 9-18. https://doi.org/10.52166/baktikita.v6i1.7966.

Harjono. (2021). Pemanfaatan Sensor Android sebagai Media Eksperimen pada Materi Gerak Harmonis Sederhana. Jurnal Teknodik 25(2): 131-142. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.666.

Luthfiana, H., Kurniawan, E.S. & Ngazizah, N. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Fisika Berbasis Penemuan Terbimbing Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Binangun Tahun Pelajaran 2015/2016. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika 9(1): 13-18. https://jurnal.umpwr.ac.id/radiasi/article/view/209

Nasrodin, Hindarto, N. & Edi, S.S. (2013). Analisis Kebiasaan Bekerja Ilmiah Mahasiswa Fisika pada Pembelajaran Mata Kuliah Praktikum Fisika Dasar. Unnes Physics Education Journal 2(1) 84-91. https://doi.org/10.15294/upej.v2i1.1628.

Putri, L.R., Febrianti, K.V., & Utami, I.W. (2024). Digitalisasi Eksperimen Fisika: Gerak Harmonik Sederhana Berbasis Phyphox (Transform The Smartphone Into A Versatile Physics Lab). Klaten: PT. Nas Media Indonesia. https://www.repository.karyailmiah.trisakti.ac.id/documents/repository/buku_ika-wahyu-utami-digitalisasi-eksperimen-fisika-gerak-harmonik-sederhana-berbasis-phyphox-transform-the-smartphone-into-a-versatile-physics-lab.pdf

Sanimah, Haniyyah, U., Rambe, I.W. (2024). Kajian Kelebihan dan Kelemahan Penggunaan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Jeumpa 11(1): 129-137. https://doi.org/ 10.33059/jj.v11i1.9815.

Sari, D.K. (2021). Pengembangan E-Modul Praktikum Fisika Dasar 1 dengan Pendekatan STEM untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik 5(1): 44-54. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.50560.

Sari, D.W. & Wahyuni, S. (2025). Pengembangan E_Modul Praktikum Fisika Kelas XI SMA Berbasis Sensor Accelerometer pada Smartphone Berbantuan Aplikasi Phyphox. Unnes Physics Education Journal 14(1): 85-92. https://doi.org/10.15294/upej.v14i1.24171.

Sujanem, R., Sutarno, E. & Gunadi, I.G.A. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Simulasi Praktikum IPA SMP dengan Program Simulasi Phet. International Journal of Community Service Learning 3(1): 11-17. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i1.17485.

Taufiq, M., Nuswowati, M., Widiyatmoko, A, & Tirtasari, NL. (2023). Peningkatan Keterampilan Pengelolaan Praktikum IPA Berbantuan Smartphone Menggunakan App Phyphox bagi Kelompok MGMP IPA Kabupaten Batang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 2(1): 1-13. https://doi.org/10.46843/jmp.v2i1.274.

Tiatri, S., Beng, J.T., Ie, M., Dinatha, V.O.D., Khotimah, A.H., Desfitriane, A., Margareta, Purnama, S.D., Shafira, Z., Salsabila, T.M., & Nurkholizah, R. (2024). Pelatihan Penggunaan Teknologi Digital dalam Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Guna Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia 7(3): 697-703. https://doi.org/10.24912/jbmi.v7i3.32288.

Weiner, J. & McDonald, J.A. (2013). Three Models of Community-Based Partipatory Research. Leonard Davis Institute of Health Economics: Issue Brief 18(5): 1-8. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23610796/.

Yasmini, L.P.B., Rachmawati, D.O., Gunadi, I.G.A, & Arjana, I.G. (2021). Pemanfaatan Smartphone dan App Phyphox untuk Percobaan Fisika bagi Guru Kelas X di SMA Negeri 2 Singaraja. Proceeding Senadimas Undiksha: 571-578. https://conference.undiksha.ac.id/senadimas/2021/prosiding/file/075.pdf

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.